Warga Palupuah Agam Temukan Dua Knop Bunga Rafflesia

Warga Palupuah Agam Temukan Dua Knop Bunga Rafflesia

Dua knop bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di lahan warga Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Selasa (10/9). (Antara/istimewa)

Diperkirakan bunga Rafflesia Arnoldi ini akan mekar sempurna dalam bulan ini.
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA) - Warga Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menemukan dua knop bunga Rafflesia di sekitar perkebunan, tidak jauh dari permukiman pada Senin (9/9).

Salah seorang warga Palupuh, Heru Nofrianda (26) di Lubukbasung, Selasa, mengatakan dua knop itu ditemukan warga saat hendak pergi ke kebun miliknya.

"Dua knop itu tumbuh di dekat permukiman warga dan beberapa tahun lalu bunga Rafflesia juga pernah tumbuh di lokasi itu," katanya.

Atas temuan itu, warga langsung memberitahukan ke pemerintah nagari, dan dilanjutkan ke BKSDA Resor Bukittinggi. "Kita sudah memberitahu ke pemerintah nagari dan BKSDA. Kami akan menjaga sampai mekar nantinya," katanya.

Baca juga: Bunga rafflesia mekar sempurna di Agam

Baca juga: BKSDA Sumatera Barat temukan populasi bunga raflesia di Sigantang

 

Dua Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu

 


Kepala BKSDA Resor Bukittinggi,Vera Ciko mengatakan dua knop ini akan mekar sempurna beberapa minggu ke depan, karena sudah berwarna merah dan kelopak sudah mulai terbuka.

"Diperkirakan bunga Rafflesia Arnoldi ini akan mekar sempurna dalam bulan ini," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga menjaga bunga itu secara bersama-sama dan tidak merusak bunga langka itu. "Bunga ini dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya," katanya.

Ia mengakui, Palupuh merupakan habitat dari bunga langka tersebut dan hampir setiap bulan mekar sempurna.

Sebelumnya warga juga menemukan bunga itu di Sitingkai, Koto Rantang dan lainnya. "Bunga itu tumbuh di lahan perkebunan warga, hutan lindung dan cagar alam," katanya.*

Baca juga: Tujuh bunga Rafflesia gagal mekar di Agam

Baca juga: Dua Rafflesia sp mekar di kawasan hutan Kaur Bengkulu

Pewarta: Altas Maulana/Yusrizal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar