counter

Habibie Wafat - Ketua DPR: negarawan besar yang selalu dikenang

Habibie Wafat - Ketua DPR: negarawan besar yang selalu dikenang

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang juga Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) tertawa saat pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Tahun 2017 di Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, Jumat (8/12/2017). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.

Almarhum sejatinya masih sangat dibutuhkan oleh negara dan bangsa Indonesia di tengah perubahan zaman saat ini
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai Presiden ketiga BJ Habibie adalah negarawan besar yang sumbagsihnya kepada bangsa dan negara Indonesia akan selalu menjadi kenangan bagi bangsa Indonesia.

"Kami keluarga besar DPR RI menyatakan berkabung atas wafatnya Pak BJ Habibie. Nasionalis dan cinta Tanah Air yang dimiliki Pak Habibie akan menjadi contoh teladan bagi generasi penerus," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan hal itu menyikapi Presiden ketiga RI, BJ Habibie, yang wafat dalam usia 83 tahun, di RSPAD, Jakarta, Rabu (11/9), pukul 18:05 WIB.

Baca juga: Anies Baswedan: Habibie dikenal memikirkan masa depan bangsa

Menurut Bamsoet, terlalu banyak kenangan indah yang telah ditorehkan BJ Habibie dalam sejarah modernisasi Indonesia. Pemikiran serta karyanya monumental dan membanggakan warga bangsa serta citra pribadinya mengharumkan Indonesia di dunia internasional.

"Kami akan selalu bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah mengkaruniai seorang saudara, guru, dan sahabat bernama BJ Habibie. Selamat jalan Pak Habibie, beristirahatlah dalam damai," kata Bamsoet.

Baca juga: Gubernur Jatim dan ribuan jamaah ikuti shalat ghaib doakan Habibie

Politisi Partai Golkar ini juga mendoakan, semoga mereka yang ditinggalkan tabah dan merelakan kepergian almarhum, baik keluarga almarhum maupun bangsa Indonesia juga bersedih. "Bagaimana pun, kepergian BJ Habibie merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia," katanya.

Menurut Bamsoet, almarhum adalah seorang teknokrat yang kredibilitas dan kompetensinya diakui komunitas internasional. "Almarhum sejatinya masih sangat dibutuhkan oleh negara dan bangsa Indonesia di tengah perubahan zaman saat ini," katanya.

Almarhum BJ Habibie, dijadwalkan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, pada Kamis (12/9) sekitar pukul 13:30 WIB. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar