counter

NBA

LeBron James dukung RUU kompensasi untuk atlet amatir

LeBron James dukung RUU kompensasi untuk atlet amatir

Superstar NBA sekaligus pemain Los Angeles Lakers LeBron James. Meg Oliphant/BIG3 via Getty Images/AFP (AFP/Meg Oliphant)

Los Angeles, Amerika Serikat (ANTARA) - Superstar NBA LeBron James mengkritik keras NCAA, Rabu waktu setempat, setelah otoritas olah raga kampus Amerika Serikat itu mengingatkan gubernur California untuk menolak rancangan undang-undang (RUU) yang mengharuskan para atlet-mahasiswa dibayar karena penggunaan nama, citra dan penyerupaan si atlet kampus.

Dewan legislatif negara bagian California sudah menyerahkan RUU itu kepada Gubernur California Gavin Newsom untuk ditandatangani menjadi undang-undang.

NCAA sudah meminta Newsom untuk tak menandatangani RUU ini karena dianggap "tidak konstitusional" dan "mencederai" melalui sebuah surat yang diteken Presiden NCAA Mark Emmert dan 21 anggota dewan gubernur negara bagian ini.

"Jika RUU ini menjadi hukum dan 58 kampus NCAA di California dipaksa membolehkan skema nama, citra dan penyerupaan tak dibatasi antara atlet kampus dan profesional, karena RUU ini memberikan keuntungan rekrutmen yang tidak adil kepada kampus-kampus itu, maka akan membuat mereka akhirnya tak bisa tampil dalam kompetisi-kompetisi NCAA," tulis NCAA dalam suratnya itu.

James, yang sudah menyampaikan dukungan kepada RUU itu, menanggapi surat NCAA itu lewat Twitter.

"Atau berkat RUU ini Anda bisa bekerja dengan semua kalangan dalam menciptakan kebijakan nasional yang adil untuk atlet," tulis sang bintang di Twitter.

Baca juga: Laga pertama NBA pertemukan duo Los Angeles

Aturan NCAA soal pertandingan dan atlet amatir adalah melarang atlet kampus dibayar untuk penampilannya dan mendapatkan kompensasi karena nama, citra atau penyerupaan mereka, sekalipun penampilan mereka menghasilkan jutaan dolar AS di beberapa kampus.

RUU California ini melarang kampus membayar langsung atlet-kampus, melainkan hanya membolehkan mahasiswa menerima kompensasi dari sumber-sumber lain seperti perusahaan video game atau memorabilia.

Legislator yang mendukung RUU ini melihat ada ketidakadilan terhadap atlet kampus dari aturan yang diterapkan NCAA.

"Lupakan kontrak sepatu dan video game, atlet-atlet NCAA tak bisa menghasilkan uang selama pelatihan atlet muda saat musim panas, tak bisa mempromosikan media sosial mereka, tak bida menjadi motel pakaian olah raga, tak boleh menerima belanjaan atau bantuan sewa kos atau perlengkapan," kata salah seorang legislator itu, Kevin Kiley, seperti dikutip AFP.

RUU California ini akan melarang NCAA mengeluarkan larangan kampus berkompetisi jika atlet-atlet kampusnya mendapatkan kompensasi mulai Januari 2023.

Baca juga: Demetrius Jackson berlabuh di Lakers

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar