counter

"Verifikasi dua langkah" jaga kerahasiaan informasi di WhatsApp

"Verifikasi dua langkah" jaga kerahasiaan informasi di WhatsApp

Ilustrasi tambahan keamanan pada WhatsApp (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kerahasian informasi serta keamanan aplikasi WhatsApp, salah satunya dengan memanfaatkan fitur "verifikasi dua langkah" atau two-step verification.

Fitur ini sangat berguna jika ada seseorang yang tidak dikehendaki ingin mengakses akun WhatsApp Anda sehingga kerahasiaan informasi tetap terjaga.

"Fitur ini membantu Anda jika ada seseorang yang ingin mengakses WA anda ketika handphone anda hilang. Itu bisa dijaga dengan verifikasi dua langkah," kata Sravanthi selaku Director of Communications WhatsApp saat ditemui di Jakarta, Sabtu.

Fitur itu bisa diaktifkan dengan membuka menu "pengaturan" lalu pilih "akun" dan pilih "verifikasi dua langkah". Setelah itu, pengguna diminta untuk memasukkan enam digit PIN.

Baca juga: Cara ampuh jaga privasi di WhatsApp

Baca juga: WhatsApp sediakan fitur kunci sidik jari, begini cara mengaktifkannya


Setelah diminta membuat PIN, kemudian pengguna akan diminta mendaftarkan email yang berguna jika sewaktu-waktu lupa enam digit PIN tersebut.

"Ini sama halnya bila Anda di rumah dan punya mobil atau motor, maka Anda tidak akan mungkin meninggalkan rumah dan kendaraan Anda tanpa terkunci. Anda tidak akan menaruh barang ditempat ramai tanpa dijaga," ujar Sravanthi.

Sravanthi menambahkan bahwa pengguna WhatsApp juga bisa memanfaatkan fitur keamanan dalam smartphone untuk membantu menjaga privasi, termasuk segala informasi yang ada di WhatsApp.

"Satu lagi yang penting, gunakan perlindungan yang diberikan handphone Anda seperti sidik jari atau face id. Itu dapat gunakan sehingga perlindungan benar-benar ada di tangan Anda," imbuhnya.

Baca juga: Instagram dan WhatsApp dapat nama tambahan dari Facebook

Baca juga: Layanan pembayaran WhatsApp hadir di India tahun ini

Baca juga: Peneliti temukan tiga kelemahan besar WhatsApp

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Permohonan Paspor Melalui Aplikasi Whatsapp

Komentar