Tenis

David akui tidak fokus saat ungguli Purcell

David akui tidak fokus saat ungguli Purcell

Petenis Indonesia David Agung Susanto (kiri) dan kapten tim Febi Widhiyanto (kanan) menjawab pertanyaan para pewarta dalam konferensi pers setelah pertandingan Piala Davis antara Indonesia melawan Selandia Baru di Stadion Tenis GBK, Jakarta, Sabtu (14/9/2019). (A Rauf Andar Adipati)

Mungkin karena saya sedikit gak fokus
Jakarta (ANTARA) - David Agung Susanto mengakui dirinya tidak fokus saat berada dalam posisi memimpin atas Rheet Purcell, dalam pertandingan kedua Piala Davis Indonesia melawan Selandia Baru di Stadion Tenis GBK, Jakarta, Sabtu.

David memenangi set pertama dengan skor 6-3, dan sempat unggul 4-1 pada set kedua, sebelum Purcell mampu bangkit dan mengamankan kemenangan 6-3, 4-6, 0-6.

"Jujur saya juga bingung sendiri. Mungkin karena saya sedikit gak fokus," kata David pada konferensi pers setelah pertandingan.

David mengakui bahwa ia berusaha keras untuk dapat tampil seperti pada set pertama, namun ia merasa permainannya kerap terburu-buru sehingga gagal memainkan reli-reli panjang.

Kekalahan yang diterima David membuat Indonesia saat ini tertinggal 0-2 dari Selandia Baru, dalam pertandingan putaran pertama Grup 2 zona Asia/Oseania.

Baca juga: Indonesia tertinggal 0-2 dari Selandia Baru di hari pertama

Wakil Indonesia pada pertandingan pertama, Mochamad Rifqy Fitriadi, juga harus takluk 6-7 (6-8), 3-6 dari Ajeet Rai.

Pada pertandingan pertama, Rifqy juga sempat menumbuhkan harapan bagi publik Indonesia untuk dapat memenangi pertandingan, melalui keunggulan 6-2 saat tiebreak sebelum Ajeet mengejar dan membalikkan kedudukan.

Kapten tim Indonesia, Febi Widhiyanto, menilai hal tersebut dapat terjadi karena para petenis Indonesia kalah jam terbang dengan lawan-lawannya.

"Pada saat posisi mereka (Selandia Baru) ketinggalan, mereka akan fight terus. Giliran anak-anak kita kena posisi seperti itu, mereka lose control dan drop banget," tutur Febi.

Baca juga: Rifqy telan kekalahan pada debutnya di Piala Davis

Pertarungan Piala Davis antara Indonesia melawan Selandia Baru masih akan dimainkan pada Minggu.

Pada hari kedua tersebut akan dimainkan satu pertandingan ganda, dan dua pertandingan tunggal.

Menurut skema, Indonesia akan menurunkan pasangan Ari Fahresi/Anthony Susanto melawan pasangan Marcus Daniel/Michael Venus. Namun untuk kategori ganda, tim berhak mengubah susunan pemain dengan batas waktu pendaftaran satu jam sebelum pertandingan.

Untuk dua pertandingan tunggal besok, Indonesia akan memainkan David Susanto yang berhadapan dengan Ajeet Rai, dan Mochammad Rifqy Fitriadi melawan Rheet Purcel.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia utamakan performance ketimbang hasil

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar