counter

China Open 2019

China Open 2019, Rinov/Pitha akui Tan/Lai lawan yang cukup berat

China Open 2019, Rinov/Pitha akui Tan/Lai lawan yang cukup berat

Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengalahkan pasangan Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dengan skor 21-18, 16-21, 21-12 pada babak pertama Victor China Open yang berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzou, China, Selasa (17/9/2019) (Tim Humas PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengakui Tan Kian Meng/Lai Pei Jing asal Malaysia merupakan lawan yang cukup berat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Rinov usai menjalani pertandingan babak pertama turnamen Victor China Open 2019 yang berlangsung pada Selasa (17/9) di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzou, China.

“Bagi kami, Tan/Lai adalah lawan yang cukup berat dan tidak mudah untuk dikalahkan. Mereka (Tan/Lai) memiliki pola permainan yang bagus,” kata Rinov seperti dikutip Antara melalui laman badmintonindonesia.org, Selasa.

Pada babak pertama turnamen bulu tangkis level Super 1000 itu, Rinov/Pitha menaklukkan Tan/Lai dalam tiga gim berdurasi 57 menit dengan skor 21-18, 16-21, 21-12. Atas hasil tersebut, Rinov/Pitha berhak melaju ke babak dua.

Baca juga: Rinov/Pitha ke babak dua China Open 2019

Baca juga: Fajar/Rian sumbang kemenangan pertama bagi Indonesia


Selain lawan yang dinilai cukup berat, Rinov mengatakan kondisi angin di lapangan, terutama pada gim kedua, juga sempat membuat keduanya kewalahan dan tidak dapat mengendalikan laju bola. Sehingga, baik Rinov maupun Pitha menjadi tidak yakin dengan pukulan sendiri.

“Pada gim pertama, kami bisa bermain bagus. Tapi, di gim kedua ada faktor angin, jadi kami kurang lepas mainnya, mau memukul pun ragu-ragu. Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh lawan, sehingga mereka bisa menang di gim kedua,” ujar Rinov.

Meskipun demikian, Rinov mengakui mulai dapat membangkitkan fokus dan semangatnya kembali sekaligus memperbaiki pola permainannya bersama Pitha, sehingga dapat merebut kemenangan pada gim ketiga.

“Di gim ketiga, kami bertekad tidak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya. Jadi, mumpung kondisi lapangannya enak, kami manfaatkan itu dengan terus mengumpulkan poin sampai unggul jauh dari lawan,” tutur Rinov.

Selanjutnya di babak dua, belum diketahui lawan yang akan dihadapi oleh Rinov/Pitha. Keduanya masih harus menunggu hasil pertandingan antara pasangan Korea Selatan Seo Seung Jae/Chae Yujung melawan Ou Xuan Yi/Feng Xue Ying dari China.

“Di babak dua nanti, yang pasti kami harus bisa lebih tahan lagi, lebih fokus. Apalagi, kami sudah lama berpasangan, jadi sudah sama-sama tahu pola masing-masing. Kami ingin membuktikan bahwa kami bisa memberikan yang terbaik,” ungkap Pitha.

Baca juga: Fajar/Rian atasi hambatan teknis di babak pertama China Open

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia juara tenis ganda campuran

Komentar