Kami harus membuat keputusan untuk memastikan kami menggunakan sumber daya kami sebaik mungkin.
Jakarta (ANTARA) - Johann Zarco dan KTM berpisah lebih awal walaupun keduanya masih memiliki kontrak hingga akhir musim MotoGP tahun ini.

Pebalap asal Prancis itu akan digantikan oleh Mika Kalio di sisa balapan musim ini,
namun tetap terikat dengan KTM hingga kontrak berakhir.

"Kami harus membuat keputusan untuk memastikan kami menggunakan sumber daya kami sebaik mungkin dan kami saat ini berada di arah positif dengan struktur MotoGP kami," ungkap direktur KTM Motorsport Pit Beirer dalam keterangan tertulis di laman resmi tim, Rabu.

Baca juga: Zarco dan KTM pisah di akhir musim

Baca juga: Espargaro start baris terdepan, KTM petik hasil positif di Misano


Kallio (36) menjadi pebalap KTM dalam debut pabrikan asal Austria itu di MotoGP pada 2016 dan telah memberi kontribusi ke dalam pengembangan motor RC16.

Pebalap asal Finlandia itu juga telah tampil sebagai pebalap wildcard sebanyak tujuh kali dari 2016 hingga 2018.

Kalio menjalani debut di kelas premier membela tim Pramac Racing dari 2009-2010. Setelah itu dia kembali ke Moto2 hingga 2015 sebelum kembali lagi ke kelas MotoGP bersama KTM di tahun berikutnya dan menjadi pebalap wildcard untuk pertama kali di Valencia tahun itu.

"Kami sangat percaya jika Mika bisa membantu kami di tahap ini berkat pengetahuan dan latar belakang yang ia miliki," kata Beirer.

"Mika telah membuktikan kemampuannya di atas RC16 dan kami senang dia bergabung lagi di jajaran kami sebagai pebalap."

Kallio akan membalap untuk Red Bull KTM Factory Racing di samping rekannya, Pol Espargaro, yang telah mengemas tujuh finis sepuluh besar musim ini dan meraih posisi start P2 di GP San Marino pekan lalu.

Setelah 13 seri balapan, Zarco, yang mengaku kesulitan beradaptasi dengan motor KTM, telah mengemas 27 poin dan berada di peringkat ke-17. Sedangkan Espargaro mengumpulkan 77 poin untuk berada di peringkat ke-11.

"Pada waktu yang bersamaan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Johann atas upayanya sejak bergabung dengan proyek ambisius kami pada November tahun lalu," kata Beirer.

Baca juga: Quartararo nantikan duel ulang dengan Marquez di Aragon

Baca juga: MotoGP bisa gelar hingga 22 seri balapan setelah musim 2021

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019