Jakarta (ANTARA) - Joan Mir dan Luca Marini, dua pembalap pabrikan Honda (Repsol Honda/HRC), sepakat ingin memaksimalkan potensi motor baru jelang rangkaian MotoGP musim 2024.

Selama sesi shakedown di Sirkuit Sepang, Malaysia, Mir mengatakan telah membuat banyak kemajuan dan mencoba banyak hal dengan motor baru Honda yang akan ia kendarai sepanjang musim ini.

“Kami sudah mencoba motor baru. Memang sempat ada adaptasi tersendiri, tapi saya yakin kami akan mendapatkan banyak keuntungan dari sesi uji coba ini,” ungkap Mir, dikutip dari video resmi MotoGP, Senin.

Ia pun berharap dapat menggali lebih banyak data dan informasi untuk ditinjau bersama tim, terutama pada sesi uji coba pramusim resmi di Sepang pada pekan ini.

“Harapannya kami bisa mendapatkan lebih banyak informasi untuk kami tinjau lebih jauh. Masih ada beberapa waktu lagi untuk rileks dan maju langkah demi langkah baru,” ujarnya menambahkan.

Sependapat, pembalap baru Honda, Marini, menilai masih terdapat beberapa hal yang perlu dikerjakan dengan matang bersama tim demi meraih hasil maksimal pada sesi uji coba pramusim di Sepang dan Qatar, sebelum memulai musim ini pada awal Maret di Sirkuit Lusail.

“Rasanya penting bagi kami untuk mengerti ke mana arah proyek kami ke depan. Masih ada beberapa pekerjaan yang harus kami lakukan agar maksimal,” kata Marini.

“Perbedaan dengan mengendarai Ducati memang cukup besar, tapi saya akan fokus untuk beradaptasi, mendapatkan stabilitas, dan menemukan pengaturan yang lebih baik dengan motor baru ini,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Marc Marquez ungkap alasan gabung Gresini Racing karena adiknya

Lebih lanjut, dua pembalap tim satelit LCR Honda, yaitu Johann Zarco dan Takaaki Nakagami juga sepakat bahwa rencana mereka sejauh ini dengan teknis motor berjalan dengan lancar.

“Kami memiliki langkah-langkah untuk berkembang karena motor baru ini sangat potensial dan bekerja dengan baik. Saya merasa beruntung bisa bekerja sama dengan Honda dan berharap bisa mengembangkan performa pembalap dan motornya secara bersama-sama,” jelas Zarco.

“Banyak opsi untuk dicoba dari motor dan semuanya berjalan dengan baik,” tambah Nakagami.

Sementara itu, setelah melakoni rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang dan Qatar, ajang balap motor kelas premier musim mendatang akan dibuka dengan grand prix pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, 8-11 Maret.

Baca juga: Ducati ingin perpanjang kontrak Bagnaia sebelum MotoGP 2025
Baca juga: Marquez jelaskan beda strategi bersama Ducati untuk MotoGP 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024