Jakarta (ANTARA) - Pembalap Repsol Honda Joan Mir mengungkapkan kondisi fisiknya sudah kian membaik setelah sempat crash pada hari pertama dan tidak bisa mengikuti babak pamungkas MotoGP Valencia, pekan lalu.

“Ini adalah momen yang baik. Saya senang bisa ikut dalam uji coba ini (Selasa), mengingat saya kecelakaan pada Jumat (24/11). Saya merasakan sedikit rasa sakit, tapi yang penting adalah kami dapat menjalani hari yang baik dan melewati banyak hal bersama,,” kata Mir, dikutip dari keterangan resmi HRC, Rabu.

Adapun Mir pada uji coba perdana di Valencia, menjajal prototipe Honda RC213V 2024 untuk pertama kalinya bersama rekan satu tim barunya, Luca Marini, yang hengkang dari VR46 untuk mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Marc Marquez di tim pabrikan Honda tersebut.

Baca juga: Binder sebut KTM fokus pada pengembangan pengaturan motor 2024
Baca juga: Di Giannantonio nikmati pengalaman pertama bersama VR46


Sementara itu, Mir menyelesaikan uji coba di Valencia dengan total 69 lap dan membukukan waktu lap tercepat 1 menit 30,051. Ia pun mengakhiri hari di urutan ke-13. Di sisi lain, Marini finis P10 dengan waktu terbaik 1 menit 29,956 detik dan menyelesaikan total sebanyak 72 lap.

Lebih lanjut, Mir menilai kecepatan motor RC213V baru ini cukup baik bila dibandingkan dengan edisi sebelumnya. “Saya senang dengan apa yang kami lihat dari protobike,” kata Mir.

“Kecepatan kami bagus dan perkembangannya positif. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, namun langkah pertama sudah berada di arah yang benar dan kita dapat memasuki musim liburan dengan menantikan apa yang akan terjadi nanti,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari. Musim mendatang pun akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Quartararo dan Rins soroti langkah Yamaha perbarui aerodinamika motor

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023