counter

Dekranasda DKI gelar pameran suvenir di Jakarta Creative Hub

Dekranasda DKI gelar pameran suvenir di Jakarta Creative Hub

Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati meninjau acara pameran suvenir Jakarta di Jakarta Creative Hub, Rabu (18/9/2019). (Antara/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggelar pameran kerajinan suvenir yang dibuat oleh 40 pengrajin yang berasal dari enam wilayah administrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati di Jakarta Creative Hub (JCH), Jakarta Pusat, Rabu, mengatakan kerajinan yang dipamerkan merupakan hasil pelatihan dari Dekranasda DKIJakarta selama satu setengah bulan dengan tema "Pembekalan Mengenai Destinasi Wisata dan Potensi Pasar Produk Kerajinan Jakarta".

"Jadi dalam kegiatan ini, pengrajin diajak untuk menciptakan desain baru untuk suvenir Jakarta. Tidak hanya motif ondel- ondel atau Monas lagi. Sekarang ada juga motif salak condet," katanya.

Baca juga: Dekranasda DKI gelar Jakarta Souvenir Award

Istri dari Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan selain menghasilkan kreasi motif baru untuk suvenir Jakarta, para pengrajin diharapkan dapat mengisi gerai- gerai suvenir Jakarta dengan barang- barang yang memiliki fungsi menarik.

Ia mencontohkan barang- barang yang dibuat oleh empat puluh pengrajin yang dipamerkan di JCH menyasar kebutuhan kalangan anak muda.

"Ya arahnya kalau barang-barang disini untuk keperluan anak muda. Desainnya, misalnya ada permainan untuk mengenal Jakarta, itu menarik," kata Fery.

Baca juga: Ketua Dekranas upayakan perajin punya daya saing

Pameran hanya diadakan dalam satu hari, namun barang- barang yang dipamerkan tetap dapat dilihat oleh masyarakat di Galeri Dekranasda DKI Jakarta yang terletak di Stasiun MRT Lebak Bulus.

"Untuk di JCH hanya hari ini, tapi barang- barang yang dipamerkan ini bisa dilihat di Galeri Dekranasda DKI di Stasiun MRT Lebak Bulus," kata ketua pelaksana "Pembekalan Mengenai Destinasi Wisata dan Potensi Pasar Produk Kerajinan Jakarta" Lily Halim saat ditemui Antara.

Selain melibatkan Dekranasda DKI Jakarta dan Dekranasda tingkat kota, acara ini turut melibatkan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dekranasda aktif promosikan produk UKM khas Kalteng

Komentar