Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-16 Bima Sakti mengisyaratkan akan melakukan rotasi pemain saat menghadapi Brunei Darussalam dalam laga ketiga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 AFC 2020 pada Jumat (20/9).

"Kemungkinan ada rotasi, tapi kita juga butuh kemenangan. Artinya banyak kesempatan bikin gol, kita bikin gol," ujar Bima Sakti usai menggelar latihan di Stadion A Senayan, Jakarta, Kamis.

Meski Indonesia digdaya dalam dua pertandingan awal, Bima mengatakan rotasi ini penting dilakukan untuk memberikan kesempatan pada pemain lainnya dalam menunjukkan kapasitas mereka.

Baca juga: Indonesia puncaki Grup G usai lumat Kepulauan Mariana Utara 15-1

Para pemain yang belum mendapat kesempatan, diberikan porsi latihan berbeda dengan pemain inti lain. Hal ini ditujukan agar staminanya terjaga dan siap dimainkan ketika dibutuhkan.

"Kemarin yang belum kesempatan main kita maintenance terus staminanya supaya besok, saat mereka diberi kesempatan main bisa siap," kata dia.

Baca juga: Bima Sakti: penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah timnas

Salah satu menu latihan yang diberikan perihal transisi dari menyerang ke bertahan. Menurut dia, para pemain masih lemah dalam hal perpindahan seperti pada saat melawan Kepulauan Marina Utara, di mana para pemain kecolongan satu gol.

Selain itu, penguatan mental serta stamina bertanding selama 90 menit harus tetap ditingkatkan agar konsentrasi para pemain terus terjaga.

"Kita evaluasi terutama masalah disiplin, mental kita harus tetap fokus 90 menit ditambah injury time," kata Bima.

Baca juga: Indonesia pimpin Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16

Indonesia untuk sementara memuncaki Grup G setelah melumat Filipina 4-0 dan berpesta gol ke gawang Kepulauan Marina Utara 15-1. Selain menduduki puncak klasemen, pemain Indonesia juga menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Grup G yaitu Marselino Ferdinan dengan enam gol.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019