counter

Dubes Esam yakini hubungan bilateral Arab Saudi-RI terus meningkat

Dubes Esam yakini hubungan bilateral Arab Saudi-RI terus meningkat

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi (kiri) bersalaman dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) dalam perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-89 di Jakarta, Senin malam.(23/9/2019) (ANTARA / Azis Kurmala)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi meyakini hubungan bilateral Arab-Saudi dan Indonesia semakin meningkat.

"Saya bisa menggambarkan hubungan Indonesia dengan Arab Saudi berdasarkan ikatan persaudaraan Islam yang kuat," ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi dalam perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-89 di Jakarta, Senin malam.

Kerja sama kedua negara akan semakin terus meningkat di bawah kedua pemimpin yang cemerlang yaitu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kedutaan Besar Arab Saudi rayakan HUT ke-89

Baca juga: Menkeu: Kebakaran instalasi minyak Arab Saudi sebabkan kerentanan baru


"Kita menyaksikan pertukaran kunjungan oleh para pemimpin dari kedua negara dan pejabat senior," kata Dubes Esam.

Dalam pertemuan komite bersama, kedua negara menyepakati peningkatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan investasi.

"Kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan investasi diharapkan mencapai tingkat koordinasi yang lebih tinggi di fase berikutnya," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kedua negara sepakat untuk mengintensifkan hubungan bilateral.

Kesepakatan tersebut tercapai saat pertukaran kunjungan kedua pemimpin negara beberapa waktu lalu.

"Ini adalah komitmen kedua pemimpin negara untuk meningkatkan hubungan dagang, ekonomi, investasi, maupun pariwisata," ujar dia.

Menteri Lukman mengungkapkan Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar RI di kawasan Timur Tengah dan salah satu mitra penting Indonesia di sektor investasi.

"Indonesia berharap peningkatan investasi dan dagang dari Arab Saudi," kata dia.

Baca juga: Indonesia: janji kampanye Israel langgar hukum internasional

Baca juga: Indonesia kecam serangan terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi



 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri Agama mengenang KH Maimoen Zubair

Komentar