Beijing (ANTARA) - Saham-saham China berakhir menguat pada perdagangan Selasa, setelah sehari sebelumnya turun, dengan perusahaan-perusahaan yang baru tercatat dan pembuat minuman keras melonjak paling tinggi.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 0,28 persen menjadi ditutup pada 2.985,34 poin, sedangkan Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China berakhir 0,31 persen lebih tinggi pada 9.811,38 poin.

Nilai transaksi perdagangan gabungan saham di kedua indeks tersebut meningkat menjadi 548 miliar yuan (sekitar 77,48 miliar dolar AS) dari 508 miliar yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Baca juga: Pasar saham China dibuka menguat menuju kenaikan hari ketujuh

Perusahaan yang baru-baru ini tercatat di bursa adalah salah satu peraih keuntungan terbesar, dengan saham CGN Power Co., Ltd, operator stasiun tenaga nuklir, melonjak 5,67 persen.

Saham Kweichow Moutai, merek alkohol top negara itu, melonjak 3,05 persen menjadi berakhir pada rekor tertinggi 1.184 yuan, membawa kapitalisasi pasar perusahaan menjadi lebih dari 1,48 triliun yuan.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang China di papan bergaya Nasdaq, bertambah 0,61 persen menjadi ditutup pada 1.694,6 poin.

Baca juga: Pasar saham China lanjutkan reli pekan lalu dibuka lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019