Kupang (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maritje Pattiwaellapea, mengemukakan pihaknya mulai gencar melakukan sosialisasi mengenai sensus penduduk yang akan digelar secara nasional pada 2020 mendatang.

"Kami sudah mulai bergerak untuk gencar sosialisasi sensus penduduk di NTT karena di Januari 2020 nanti sudah mulai sensus lewat aplikasi daring (online)," katanya dalam kegiatan Expose Data bertema Pariwisata dan Perannya dalam Perekonomian Nusa Tenggara Timur di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan, sensus penduduk 2020 akan dilakukan dengan metode baru yakni combine method dengan menggunakan data registrasi administrasi kependudukan.

Baca juga: Menteri PPN: Sensus Penduduk 2020 wujudkan satu data kependudukan

Baca juga: BPS libatkan masyarakat data sendiri di Sensus 2020 secara daring


Menurut dia metode ini berbeda dengan cara turun langsung ke lapangan seperti sebelumnya karena saat ini sudah ada database kependudukan dari pemerintah.

"Dari database ini nantinya akan kami olah lagi hingga satuan terkecil, kami akan memeriksa lagi alamat tinggal penduduk, statusnya, dan lainnya secara detil," katanya.

Menurut dia, metode ini membuka kemungkinan ke depan tidak perlu lagi dilakukan sensus karena sudah ada database dan setiap warga bisa memperbaharui status kependudukannya.

Maritje mengatakan, sensus penduduk menggunakan aplikasi dalam jaringan (daring) puncaknya terjadi pada Januari 2020. Selanjutnya, pada Februari-Maret pihaknya akan melihat seberapa banyak masyarakat yang memperbaharui data kependudukannya.

"Kalau misalnya di NTT cuma 5 persen yang memperbaharui datanya berarti ada 95 persen yang harus kita turun data langsung di lapangan," katanya.

Pihaknya menargetkan jumlah penduduk yang akan melakukan sensus secara daring di provinsi berbasiskan kepulauan itu sebesar 22 persen, sedang target nasional 20 persen.

"Untuk daerah perkotaan dan sekitarnya yang memiliki akses internet bagus akan lebih mudah tinggal bagaimana membangun kesadaran setiap warga itu yang harus ditingkatkan," katanya.

Ia menambahkan pihaknya secara gencar terus melakukan sosialisasi hingga puncaknya menjelang sensus pada Juli 2020.

"Nanti kami ada apel siaga dengan Gubernur NTT menjelang sensus tetapi berprosesnya mulai Januari seperti mengupdate data, pemeriksaan lapangan, dan lainnya bahkan nanti hingga Desember 2019 baru selesai," katanya.

Baca juga: Sensus penduduk 2020 menggunakan metode digital

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019