Jakarta (ANTARA) - Samoa tampil gemilang pada babak kedua untuk mengukir kemenangan besar 34-9 dalam pertandingan Pool A Piala Dunia Rugby 2019, yang dimainkan di Stadion Rugby Kumagaya, Jepang, Selasa.

Hasil ini menempatkan Samoa untuk sementara memuncaki Pool A dengan koleksi lima poin, jumlah poin yang sama dengan Irlandia dan Jepang. Sedangkan Rusia harus terpuruk di dasar klasemen dengan nol poin, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Negara Pasifik tersebut membuka keunggulan pada menit ke-15 ketika operan Tim Nanai-Williams tertuju kepada Alapati Leiua yang bergerak melebar untuk mencetak try.

Rusia kemudian mendapatkan poin melalui penalti Yury Kushnarev pada menit ke-18, namun setelah itu Samoa lebih banyak menguasai bola.

Tidak lama setelah Vasily Dorofeev hampir mencetak poin, Rusia mendapatkan penalti. Upaya yang dilakukan Kushnarev berbuah poin maksimal, yang membuat mereka memimpin 6-5.

Beberapa menit sebelum babak pertama usai, kendali permainan berada di tangan Rusia. Mereka bahkan hampir mencetak try melalui pergerakan Vladimir Ostroushko.

Samoa mendapatkan try keduanya pada menit ke-44 melalui pergerakan mulus yang dapat dituntaskan dengan baik oleh Afaesetiti Amosa, yang setelah itu dihantam dengan keras oleh Kiril Gotovtsev, untuk membuat pemain Rusia itu diganjar kartu kuning. Amosa sendiri harus ditandu keluar lapangan.

Rusia masih berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan, dan mereka mendapatkan satu poin melalui drop goal dari Kushnarev.

Samoa kemudian mengemas try ketiganya dengan indah, dari pergerakan yang diakhiri Ed Fidow di dekat tiang, dan peluang poin berikutnya dapat dikonversi tanpa kesalahan oleh Tusi Pisi.

Fido kembali mengemas try pada menit ke-52 dan Pisi melakukan konversi untuk membuat kedudukan kini menunjukkan 24-9 untuk keunggulan Samoa.

Samoa kini benar-benar mengendalikan situasi dan try kelima mereka tercipta pada menit ke-65 melalui Rey Lee-Lo yang memperbesar keunggulan menjadi 29-9.

Rusia beberapa kali hampir dapat mencetak poin pada fase akhir laga, namun Samoa memastikan kemenangan mereka melalui try kedua Leiua pada menit ke-79.

Baca juga: Jepang membuka penampilan di Piala Dunia Rugby dengan tundukkan Rusia

Penerjemah: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019