Liga Belanda

Ajax kembali ke puncak setelah digusur PSV dua jam

Ajax kembali ke puncak setelah digusur PSV dua jam

Penyerang sayap Ajax Quincy Promes merayakan golnya ke gawang Fortuna Sittard dalam laga tunda pekan keempat Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu (25/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax kembali ke puncak klasemen Liga Belanda setelah sempat digusur oleh PSV Eindhoven selama hampir dua jam usai keduanya sama-sama melakoni laga tunda pekan keempat, Rabu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Ajax dan PSV berbagi satu poin

Ajax yang menjamu Fortuna Sittard di Johan Crujff Arena, berhasil menang 5-0 berkat torehan trigol Quincy Promes ditambah satu gol David Neres dan sebuah gol bunuh diri Cian Harries, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Menjamu tim yang masih bercatatan nirkemenangan, Ajax sempat kesulitan membuka keunggulan dan harus bermain nirgol hingga babak pertama usai setelah peluang demi peluang mereka digagalkan barisan pertahanan Fortuna.

Baru pada lima menit selepas sepak lanjut, Promes akhirnya memecah kebuntuan dengan memanfaatkan umpan dari Dusan Tadic.

Gol tersebut hanya berselang tiga menit dari keberhasilan Neres menggandakan keunggulan Ajax lewat sontekan jarak dekat menyelesaikan bola kiriman Klaas-Jan Huntelaar.

Promes mencetak gol keduanya dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Razvan Marin yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper Alexei Koselev.

Setelah keunggulan bertambah akibat gol bunuh diri Harries, Promes melengkapi raihan trigol dan kemenangan Ajax menjadi 5-0 kala ia kembali menerima umpan terobosan dari Tadic dan menjebol gawang Fortuna lagi pada menit ke-82.

Kemenangan itu memastikan tim besutan Erik ten Hag kembali ke puncak klasemen setelah sempat digusur oleh PSV yang main lebih awal sekira dua jam sebelumnya.

Kedua tim sama-sama mengoleksi 17 poin namun Ajax unggul selisih gol berupa surplus 19 gol dibandingkan PSV yang hanya surplus 13 gol.


PSV sejenak di puncak

PSV yang main lebih awal menjamu FC Groningen di Stadion Philips sempat sejenak duduk di puncak klasemen berkat kemenangan 3-1.

Pablo Rosario membuka keunggulan PSV pada menit ke-12 lewat tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan sodoran Steven Bergwijn.

Keunggulan tuan rumah digandakan oleh Denzel Dumfries pada menit ke-38 memanfaatkan bola kiriman Donyell Malen.

Groningen sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-70 lewat tendangan kaki kanan Pascal Lundqvist dari jarak jauh, namun Bruma yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil melengkapi kemenangan PSV menjadi 3-1 pada masa injury time.

Gol yang dicetaknya dengan memanfaatkan umpan Bergwijn itu sempat ditinjau oleh wasit dan VAR sebelum diputuskan keabsahannya.

Baca juga: Jens Toornstra selamatkan Feyenoord dari kekalahan kontra Emmen

Baca juga: Heracles runtuhkan harapan Twente naik ke puncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar