Deputi BI nilai pariwisata Gorontalo indah dan unik

Deputi BI nilai pariwisata Gorontalo indah dan unik

Wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (21/4/2019). ANTARA FOTO/Dian Bawenti/pras.

Gorontalo (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Erwin Rijanto menilai pariwisata di Provinsi Gorontalo luar biasa karena memiliki berbagai lokasi yang indah dan unik.

"Pariwisata di Gorontalo ini luar biasa. Saya lihat ada pulau yang indah sekali, seperti Pulo Cinta di Kabupaten Boalemo dan Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara yang pantainya putih sekali," ujarnya di Gorontalo, Jumat.

Menurutnya, pariwisata yang paling istimewa yang ada di Provinsi Gorontalo yaitu keberadaan Hiu Paus di pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango.

"Keberadaan Hiu Paus merupakan salah satu hal unik yang dimiliki oleh Gorontalo, jarang ada negara yang seperti itu," katanya.

Baca juga: Pariwisata, bunga dan tenaga kerja

Baca juga: Gorontalo kaya akan wisata dan budaya


Ia menjelaskan jika Hiu Paus di daerah itu berada tidak terlalu jauh dari pantai dan pengunjung sudah bisa langsung berinteraksi.

"Nilai jualnya luar biasa sekali, apabila kita dapat mengembangkan pariwisata lalu dikaitkan dengan UMKM, saya yakin Gorontalo bisa jadi salah satu provinsi andalan," katanya.

"Bank Indonesia tidak akan cukup untuk mewujudkan hal ini sendirian, jadi perlu adanya koordinasi dan membina hubungan baik dengan pemerintah daerah dan dengan dinas-dinas terkait," kata dia.*

Baca juga: Kemenpar sebut FPDL tingkatkan citra pariwisata Gorontalo

Baca juga: Menteri Pariwisata diundang hadiri Gorontalo Karnaval Karawo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bank Indonesia Dorong UMKM Go Digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar