Jakarta (ANTARA) - Wales meraih kemenangan dramatis 29-25 atas Australia dalam pertandingan Pool D Piala Dunia Rugby 2019 yang berlangsung di Stadion Tokyo, Minggu sore WIB.

Kemenangan ini mengantarkan Wales memuncaki klasemen Pool D dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Australia menduduki peringkat kedua dengan enam poin, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Baca juga: Afsel hancurkan Namibia 57-3

Wales sempat memimpin 23-8 menjelang turun minum, namun mereka harus bertahan dari gempuran luar biasa Australia pada babak kedua.

Raihan poin didapat Wales saat pertandingan baru dimulai, melalui drop-goal Dan Biggar saat waktu menunjukkan 37 detik.

Try pertama didapat juara turnamen Six Nations ini melalui upaya Hadleigh Parkes. Ia mendapat bola sepakan akurat dari Biggar, kemudian melewati Marika Koroibete dan mengecoh Dane Haylett-Petty untuk membawa bola ke sudut.

Bola konversi yang didapat Wales pun sukses dimaksimalkan oleh Biggar untuk menambah perolehan poin mereka.

Tertinggal beberapa poin, Australia mencoba bangkit. Bernard Foley melepaskan sepakan sempurna kepada pemain veteran Adam Ashley-Cooper, pemain sayap itu kemudian melewati Josh Adams untuk mengukir try. Sayangnya Bernard Foley gagal saat melakukan konversi.

Foley dan Rhys Patchell bergantian menendang penalti untuk menambah poin timnya masing-masing, sebelum Gareth Davies mengintersep operan dari Will Genia dan berlari sprint sejauh 60 meter untuk mencetak try bagi Wales.

Patchell mengonversinya untuk mengubah skor menjadi 23-8 untuk keunggulan Wales saat turun minum.

Australia tidak menyerah begitu saja, Davic Pocock melakukan offload sempurna untuk Dane Haylett-Petty untuk mengemas try kedua bagi The Wallabies. Matt Toomua juga sukses saat melakukan konversi.

Pertahanan Wales hanya dapat bertahan ketat saat Australia menggempur area 22 meter mereka dengan serangkaian set piece. Hooper kemudian mencetak try untuk timnya, dan Toomua sukses mencatatkan konversi.

Toomua selanjutnya mencetak penalti pada menit ke-69 yang membuat Wales kini hanya unggul satu poin.

Tetapi di sisa waktu yang ada, gempuran Australia dapat diredam Wales untuk mengamankan kemenangan mereka.

Dalam pertandingan lain di Pool D, Georgia menggilas Uruguay dengan kemenangan 33-7 pada laga yang dimainkan di Stadion Rugby Kumagaya, Kumagaya.

Georgia menggila berkat try yang dilakukan Alexander Todua (8'), Otari Giorgadze (29'), Levan Chilachava (42'), Jaba Bregvadze (51'), dan Giorgi Kveseladze (57'). Mereka juga sukses mendapatkan konversi melalui Tedo Abzhandadze (29', 43', 52', 58').

Sedangkan Uruguay hanya mencetak satu try dari Andres Vilaseca (32') dan koversi Felipe Berchesi (33').

Baca juga: Jepang ukir kejutan dengan tundukkan Irlandia 19-12

Baca juga: Uruguay ukir kejutan dengan taklukkan Fiji

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019