Di pelabuhan maupun bandara, sudah ada tim medis yang stand by untuk berjaga-jaga terkait kondisi para pengungsi,
Makassar (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyampaikan bahwa tim medis Kota Makassar yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan setempat selalu siap melayani para pengungsi dari Wamena di Bandara Sultan Hasanuddin maupun Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

"Di pelabuhan maupun bandara, sudah ada tim medis yang stand by untuk berjaga-jaga terkait kondisi para pengungsi," katanya di Makassar, Jumat.

Baca juga: Warga Sulsel pengungsi Wamena tiba di Makassar

Selain itu, Pemkot Makassar menyiapkan ambulans sebab saat ini diketahui masih ada warga Makassar dan Sulawesi Selatan yang menunggu jadwal dipulangkan ke Makassar.

Kata Iqbal, ia senantiasa melakukan koordinasi dengan Pemerintah Papua untuk mengetahui dan mengecek kondisi lebih lanjut masyarakat asal Sulsel yang berada di kota itu.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengemukakan pihaknya akan selalu siap untuk memeriksa kesehatan para pengungsi. Tiga hari terakhir, tim medis Dinas Kesehatan Kota Makassar hadir di pelabuhan maupun di bandara.

Baca juga: Pemprov Papua harap warga Sulsel terdampak rusuh Wamena tetap tinggal

"Alhamdulillah tidak ditemukan gejala penyakit serius yang membutuhkan pertolongan lanjut. Rata-rata pengungsi cuman menderita demam biasa saja," ungkapnya.

Selain dari tim medis, Pemerintah Kota Makassar juga menghadirkan pendampingan khusus untuk membantu penyembuhan trauma para pengungsi.

Beberapa bus juga nampak berjejer dan siap untuk membawa para pengungsi ke daerah asalnya.

Baca juga: Papua Terkini- Wagub jemput pengungsi Sulsel di Bandara Sentani
Baca juga: Gubernur Sulsel: Kerusuhan Wamena tidak ada diskriminasi suku
Baca juga: Papua Terkini - Sulsel bantu Rp1 miliar untuk korban kerusuhan

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019