Purwokerto (ANTARA) - Kapasitas sungai dan saluran drainase perlu ditingkatkan menjelang musim hujan guna mencegah bencana banjir, kata Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Ardiansyah.

"Tingkatkan kapasitas sungai dan juga saluran drainase, hal itu bisa dilakukan saat musim kemarau ini, guna mengantisipasi banjir saat musim hujan datang," katanya di Purwokerto, Jumat.

Dosen Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman itu mengatakan, peningkatan kapasitas sungai dan saluran drainase bisa dilakukan dengan pengerukan dan perbaikan tanggul.

Baca juga: Lama kabut asap Palangka Raya berbenah hadapi musim penghujan

Selain itu, dia mengingatkan perlunya membersihkan sungai dan saluran drainase dari sampah yang dikhawatirkan menyebabkan sungai meluap.

Ia mengatakan, banjir biasanya terjadi karena kapasitas sungai tidak cukup lagi untuk menampung aliran air, sehingga meluap.

"Salah satu penyebab banjir adalah meluapnya sungai-sungai, karena itu sangat penting membersihkan dari sampah," katanya.

Selain itu dia juga mengingatkan pentingnya mengontrol tanggul serta bendung.

"Dan yang terpenting adalah mengontrol tanggul, pintu air, bendung, dan bangunan-bangunan pengendali banjir lainnya," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan memasuki awal musim hujan pada pertengahan bulan Oktober 2019.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi mencontohkan, sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara khususnya wilayah Barat dan sebagian wilayah Banyumas diperkirakan sudah memasuki awal musim hujan pada pertengahan Oktober.

Baca juga: Sejumlah jalan di Yogyakarta ditutup untuk pembangunan saluran air

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019