counter

Liga Belanda

Ajax dan PSV menang, Feyenoord terjengkang

Ajax dan PSV menang, Feyenoord terjengkang

Penyerang sayap Ajax David Neres (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang ADO Den Haag dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Belanda, Minggu (6/10/2019). (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax dan PSV Eindhoven meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan kesembilan Liga Belanda yang berlangsung Minggu ketika pada saat bersamaan Feyenoord terjengkang.

Ajax yang main lebih awal pada Minggu petang berhasil mengamankan tiga poin penuh dari lawatan ke markas ADO Den Haag usai menang 2-0 atas tuan rumah, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Penyerang gaek Klaas-Jan Huntelaar membuka keunggulan Ajax saat laga baru berjalan 10 menit dengan tembakan kaki kanannya memanfaatkan umpan Hakim Ziyech.

Upaya tim besutan Erik ten Hag menambah keunggulan baru membuahkan hasil empat menit jelang babak kedua rampung, kala sebuah serangan balik diakhiri umpan terobosan Ziyech yang mantap diselesaikan oleh David Neres di tengah kotak penalti.

Kemenangan itu menjaga posisi Ajax di puncak dengan koleksi 23 poin, sedangkan ADO (6) tertahan di urutan ke-16.


PSV kalahkan VVV Venlo 4-1

Hasil positif juga diraih tim peringkat kedua PSV yang membekap tamunya VVV Venlo 4-1 di Stadion Philips, di mana lima gol lahir pada babak kedua.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-61 saat Steven Bergwijn membuka keunggulan tuan rumah, yang disusul oleh tandukan Denzel Dumfries empat menit kemudian.

Pada menit ke-70 giliran Donyell Malen mencetak gol untuk memperbesar keunggulan Ajax, yang kemudian sempat dibalas oleh Tobias Pachonik untuk Venlo tiga menit berselang mengubah skor menjadi 1-3.

Empat menit menjelang bubaran, Malen mencetak gol keduanya demi memastikan kemenangan PSV menjadi 4-1.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: persaingan Ajax dengan PSV berlanjut

Hasil itu membuat PSV terus menempel ketat Ajax dengan raihan poin setara, dan kini selisih surplus gol hanya tersisa tiga gol saja, sedangkan VVV (9) harus rela tertahan di urutan ke-13.


Feyenoord korban kemenangan perdana Fortuna

Dalam pertandingan lainnya, Fortuna Sittard akhirnya membukukan kemenangan perdana musim ini di Liga Belanda dan menjadikan Feyenoord sebagai korbannya.

Baca juga: Groningen perburuk catatan nirkemenangan RKC Waalwijk

Menjamu Feyenoord di Stadion Fortuna Sittard, tuan rumah menang 4-2 setelah keunggulan dua gol pada babak pertama jadi modal mereka.

Laga baru berjalan dua menit ketika Amadou Ciss membawa Fortuna unggul namun Feyenoord menyamakan kedudukan lewat Ridgeciano Haps pada menit ke-27.

Tujuh menit berselang, Ciss mencetak gol keduanya untuk membawa Fortuna kembali memimpin sebelum Cian Harris memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 3-1 dua menit jelang turun minum.

Fortuna kembali mengawali babak kedua dengan impresif saat sundulan Bassala Sambou sukses mengoyak gawang tim tamu lewat serangan pertama selepas sepak lanjut.

Feyenoord memperkecil ketertinggalan pada menit ke-66 melalui Steven Berghuis, namun kerja keras mereka tak cukup menghindarkan kekalahan 2-4 saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Meski akhirnya meraih kemenangan perdana, Fortuna belum beranjak dari urutan ke-17 dengan koleksi enam poin, sedangkan Feyenoord (13) dipaksa menahan ambisi memasuki lima besar dan tertahan di posisi kesembilan.

AZ ditahan imbang Willem

Satu pertandingan Liga Belanda lain yang berlangsung Minggu memperlihatkan AZ Alkmaar ditahan imbang oleh Willem II dalam laga tandang.

AZ sempat unggul lewat eksekusi penalti Teun Koopmeiners pada menit ke-22, namun Willem hanya butuh waktu sembilan menit untuk membalas melalui Mats Koehlert.

Baca juga: Vitesse merangsek ke urutan ketiga kala Sparta jegal Twente

Skor 1-1 bertahan hingga laga usai, pun demikian tambahan satu poin cukup bagi AZ untuk mengamankan kembali peringkat ketiga dengan koleksi 20 poin setelah sempat digusur oleh Vitesse Arnhem (20) selama hampir 24 jam.

Sedangkan Willem (13) terpaku di urutan ke-10 setelah dilompati Heracles Almelo (14) dan SC Heerenveen (13).

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bupati Puncak Papua tinjau lokasi konflik KKB

Komentar