Kemeja batik yang dikenakan Jokowi dan Mark Rutte mirip

Kemeja batik yang dikenakan Jokowi dan Mark Rutte mirip

PM Belanda Mark Rutte (duduk) didampingi Presiden Jokowi menandatangani buku tamu di Istana Bogor, Senin (7/10/2019). ANTARA/Agus Salim

Bogor (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte sama-sama mengenakan kemeja batik lengan panjang dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Senin.

Kedua pemimpin pemerintahan sama-sama mengenakan kemeja batik yang mirip, yaitu berwarna coklat kehitaman, dan sama-sama mengenakan celana panjang warna hitam.

Usai disambut di tangga Istana Bogor oleh Jokowi beserta anak-anak yang mengenakan pakaian adat, Rutte masuk ke Istana Bogor dan mengisi atau menandatangani buku tamu.

Mereka selanjutnya melakukan pertemuan bilateral didampingi pejabat pemerintahan masing-masing. Rutte direncanakan melakukan penanaman pohon di halaman Istana Bogor. Mereka juga akan makan siang dan menggelar acara ramah-tamah di veranda Istana Bogor.

Juga baca: Di Istana Bogor, Presiden akan menerima PM Belanda Mark Rutte

Juga baca: Presiden Jokowi minta PM Rutte bantu lancarkan negosiasi "CEPA" RI-UE

Juga baca: PM Belanda bawa 200 pebisnis, Jokowi nilai Indonesia kian dipercaya Belanda

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri menyebutkan kedua kepala pemerintahan direncanakan bertemu untuk membahas kerja sama Indonesia-Belanda yang strategis ke depan berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Kunjungan Rutte ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik, dengan tujuan selanjutnya ke Selandia Baru dan Australia.

Rutte dalam perjalanan ini didampingi Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Dalam kunjungan satu hari di Indonesia, Rutte juga akan menemui, antara lain, kalangan bisnis, pelajar, akademisi dan alumni perguruan tinggi Belanda di Jakarta.

Adapun kunjungan Rutte terakhir ke Indonesia terjadi pada November 2016.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar