counter

Kronologis dugaan bocah main korek sebabkan kebakaran di Taman Sari

Kronologis dugaan bocah main korek sebabkan kebakaran di Taman Sari

Seorang warga di Jalan Kebon Jeruk XIII Kelurahan Maphar, Taman Sari, Jakarta Barat menatap isi rumahnya yang terbakar, Senin (7/10/2019) (ANTARA/DEVI NINDY)

Wanita yang akrab disapa Mak Jeje itu membantah kebakaran di rumahnya disebabkan meledaknya kompor gas akibat kelalaiannya, seperti yang diasumsikan publik terhadapnya.
Jakarta (ANTARA) - Jeje (61), pemilik rumah di Jalan Kebon Jeruk XIII RT04/07 Maphar, Taman Sari, Jakarta Barat yang menjadi titik awal kebakaran, diduga akibat bocah bermain korek api, membeberkan kronologis peristiwanya.

Wanita yang akrab disapa Mak Jeje itu membantah kebakaran di rumahnya disebabkan meledaknya kompor gas akibat kelalaiannya, seperti yang diasumsikan publik terhadapnya.

"Saya enggak masak, enggak pakai kompor gas dan hanya menyeterika baju di dalam rumah. Tahu-tahu saat anak saya bilang rumah terasa panas, ternyata kasur saya terbakar dekat cucu," ujar Jeje, di Jakarta, Senin malam.
Baca juga: Kebakaran Taman Sari, bantuan mengalir bagi ratusan warga terdampak

Jeje mengatakan dirinya bersama ibunya, anak laki-lakinya, dan tiga orang cucu dari pernikahan anak perempuannya tinggal bersama dalam rumah yang terbakar tersebut. Rumah yang ditinggalinya tanpa sekat pintu, jadi mudah untuk mengawasi keluarga

Saat kasurnya terbakar pada Minggu (6/10) pagi, Jeje melihat cucu laki-laki bungsunya yang berumur lima tahun mendekati kasur yang terbakar. "Enggak melihat ada korek gas sama sekali di deket situ," ujar Jeje.

Api membesar dan membakar seluruh rumah Jeje. Warga membantu memadamkan api, namun angin kencang dan material rumah yang mayoritas kayu lama membuat perambatan api menjadi sangat cepat.
Baca juga: Kebakaran Taman Sari, hanya 15 menit puluhan rumah hangus

Jeje mengatakan dirinya sempat dipanggil oleh Polsek Metro Taman Sari untuk dimintai keterangan. Ia bersama anak perempuan dan ketiga cucunya pun sudah selesai diperiksa sebagai saksi.

"Gara-gara kebakaran, ada yang jadi ngehujat saya karena rumah saya yang bikin kebakaran. Pak Kapolsek juga menenangkan kami, ya namanya juga musibah juga enggak ada yang tahu," kata Jeje.
Baca juga: Kebakaran Taman Sari diduga akibat bocah main korek api

Kapolsek Metro Taman Sari Ajun Komisaris Besar Polisi Rully Indra Wijayanto belum dapat dikonfirmasi terkait pemeriksaan saksi kebakaran tersebut.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Minggu (6/10) pagi sekitar pukul 11.25 WIB mengakibatkan wilayah RT 01,02,03 dan 04 di RW 07 Kelurahan Maphar, serta RT 012/05 Kelurahan Taman Sari terdampak.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dari penduduk terdampak. Kerugian ditaksir mencapai Rp8 miliar.

Pemadaman selesai sekitar pukul 17.50 WIB, dengan 27 unit mobil pemadam kebakaran serta pendukung yang berhasil mencegah perambatan api.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polda Jabar akan usut ledakan pipa Pertamina

Komentar