Pertamina tingkatkan ketahanan suplai avtur bandara Lampung

Pertamina tingkatkan ketahanan suplai avtur bandara Lampung

Pertamina sesuaikan harga avtur. (ANTARA/Dokumen)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (persero) beserta anak usahanya yaitu PT Elnusa Petrofin (EPN) meresmikan sarana dan fasilitas Modular Tank di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Bandara Radin Inten II Lampung Selatan untuk memperkuat ketahanan suplai avtur.

Hal itu, berdasar keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, pesatnya perkembangan sosial dan ekonomi wilayah Lampung salah satunya tergambar dari meningkatnya mobilisasi penumpang pesawat udara maupun bertambahnya jumlah maskapai yang melayani penerbangan di Bandar Udara Radin Inten II Lampung Selatan untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan bakar Avtur bagi maskapai di wilayah operasional Bandara.

Fasilitas yang diresmikan ini terdiri dari 4 tangki modular untuk penyimpanan Avtur dengan kapasitas masing masing sebesar 50 KL sehingga total kapasitas penyimpanan di DPPU ini adalah sebesar 200 KL. Menempati lahan seluas kurang lebih 3500 meter persegi, DPPU Pertamina ini telah dikelola oleh PT Elnusa Petrofin sejak tahun 2016.

Namun pada saat itu penyimpanan Avtur masih menggunakan floating tank sehingga fasilitas dan prasarana di DPPU Radin Inten II ini terus ditambah dan dikembangkan sesuai kebutuhan dari maskapai.

Baca juga: Pasokan avtur ke Bandara Kertajati 70 kiloliter per hari
Baca juga: Pertamina optimalkan 7 depot amankan pasokan avtur di Sulawesi

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan sarana dan fasilitas modular yang baru saja diresmikan ini merupakan kontribusi nyata EPN dalam mendukung Pertamina dalam menjaga ketersediaan energi yang dalam hal ini bahan bakar Avtur khususnya bagi maskapai yang merupakan pelanggan Pertamina serta masyarakat pada umumnya.

Haris juga berharap bahwa dengan ketersediaan Avtur yang terjaga bagi maskapai ini mampu mendorong dan meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi di wilayah Lampung.

Sementara itu dalam sambutannya, General Manager Marketing Region II Pertamina, Primarini mengatakan bahwa peresmian dan penambahan fasilitas di DPPU Lampung ini sebagai langkah Pertamina untuk mengimbangi lonjakan permintaan bahan bakar Avtur di Bandara Radin Inten II sekaligus wujud sinergi dalam Pertamina Grup.

Pengelolaan DPPU ini dijalankan oleh PT Elnusa Petrofin sebagai anak usaha Pertamina. Prima juga menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh Tim yang terlibat dalam mewujudkan sarana dan fasilitas yang mumpuni di DPPU Radin Inten II.

Dalam kesempatan tersebut Asep Kosasih selaku Kepala UP Bandara Radin Inten II menyampaikan bahwa dengan peningkatan fasilitas DPPU ini, pihaknya berharap bahwa pelayanan kepada maskapai menjadi lebih baik lagi kedepannya. Diakhir acara, rombongan yang hadir juga turut meninjau fasilitas dan prasarana yang ada di DPPU Radin Inten II.

Baca juga: Penjualan avtur di Bandara Kualanamu capai satu juta liter
Baca juga: Pertamina tambah pasokan avtur 400 persen di Bandara Adi Soemarmo

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tiket pesawat mahal, konsumsi avtur turun

Komentar