counter

Marvel dituduh langgar hak cipta lagu tema "X-Men: The Animated"

Marvel dituduh langgar hak cipta lagu tema "X-Men: The Animated"

Tangkapan layar X-Men: The Animated Series. (ANATARA/Courtesy YouTube)

Jakarta (ANTARA) - Lagu tema pembuka "X-Men: The Animated Series" adalah salah satu yang berkesan dalam sejarah animasi televisi, termasuk bagi penggemar film animasi Marvel itu.

Namun, lagu itu telah membawa Marvel dalam masalah hukum setelah Zoltan Krisko mengajukan gugatan terhadap Marvel, Disney, FOX, Apple, Amazon, dan perusahaan media lain yang terhubung dengan X-Men: The Animated Series.

Gugatan itu mengklaim bahwa lagu tema "X-Men: The Animated Series" dicuri dari sebuah acara televisi yang lebih tua, komedi-thriller tentang kisah polisi Hungaria Linda, yang sukses pada 1984 hingga 1991, demikian TMZ melaporkan, dikutip Kamis.

Baca juga: Michael Fassbender akan bintangi film terbaru Taika Waititi?
 


Krisko, yang mengelola perusahaan komposer Hongaria Gyorgy Vukan, telah menciptakan dan memberi hak cipta musik tema yang digunakan dalam serial Linda pada 1983.

Krisko percaya para eksekutif televisi yang terlibat dalam penciptaan "X-Men: The Animated Series" telah mendengar lagu tema Linda saat sedang berjejaring dengan anggota industri film Hongaria selama 1980-an.

Krisko mengaku belum pernah mendengar lagu tema "X-Men: The Animated Series" hingga 2017, itulah alasannya butuh waktu lama untuk mengajukan gugatan.

"X-Men: The Animated Series" ditayangkan selama lima musim sejak 1992 hingga 1997 dan menghasilkan total 76 episode.

Gugatan itu datang pada saat yang menarik. "X-Men: The Animated Series" diharapkan menjadi bagian dari peluncuran Disney +.

Ada juga rumor bahwa pembuat acara berusaha menghidupkannya kembali dengan episode baru lewat layanan streaming.

Baca juga: "X-Men: Dark Phoenix" diperkirakan rugi 100 juta dolar

Penerjemah: Suryanto
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar