counter

Bank Indonesia resmikan BI Corner di Sukabumi

Bank Indonesia resmikan BI Corner di Sukabumi

Pemberiaan bantuan BI Corner yang diserahkan Kepala Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jabar Doni P Joewono kepada Ketua Ponpes Al-Masthuriyah KH Azis Masthuro di Sukabumi pada Kamis, (10/10)

BI Corner ini merupakan perpustakaan yang dibuat BI untuk membantu masyarakat meningkatkan minat baca
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat meresmikan BI Corner di Kabupaten Sukabumi, Jabar, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah di Jalan Nasional III Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat.

"BI Corner ini merupakan perpustakaan yang dibuat BI untuk membantu masyarakat meningkatkan minat baca, karena tidak hanya buku, pengunjung pun akan lebih betah untuk berlama-lama sebab dilengkapi peralatan elektronik seperti televisi," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jabar Doni P Joewono di Sukabumi, Kamis.

Baca juga: BI tambah 5 pojok bacaan di Batam

Menurut dia, untuk di Jabar jumlah BI Corner sampai saat ini sudah ada 16 unit yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten. Namun, untuk yang ditempatkan di pondok pesantren baru di Kabupaten Sukabumi yakni di Ponpes Al-Masthuriyah.

Menurut dia, program itu menjadi proyek percontohan yang ke depannya BI Corner akan ditempatkan di ponpes yang ada di wilayah Jabar.

Ia menyebutkan dipilihnya ponpes sebagai tempat BI Corner ini agar santri bertambah literasinya, karena selama ini program tersebut masuk ke universitas.

Selain itu, dipilihnya ponpes untuk mendapatkan program tersebut karena potensinya cukup besar. Ke depan, pihaknya akan membangun BI Corner lainnya di beberapa lokasi di Kabupaten Sukabumi agar bisa dimanfaatkan oleh warga di kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut sabet "BI Corner" terbaik se-Indonesia

"Kalau target nasional 1.000 BI Corner sehingga untuk di Jabar minimal empat sampai lima unit bisa terbangun. Adapun jumlah buku yang disediakan di perpustakaan sebanyak 350 buah terdiri dari berbagai macam jenis dan judul," tambahnya.

Sementara Ketua Ponpes Al-Masthuriyah KH Azis Masthuro menyampaikan terima kasih kepada BI dengan dibangunnya BI Corner tersebut karena yang pertama di Sukabumi dan ponpes di Jabar.

Pihaknya akan menjaga, melaksanakan dan memanfaatkan BI Corner ini dan diharapkan bisa terus berkembang dengan bimbingan Pemkab Sukabumi.

"Sebab sesuai dengan firman Allah SWT yakni bacalah dan ini merupakan kewajiban. Apalagi sekarang BI sudah memberikan fasilitas yang pastinya harus dimanfaatkan tidak hanya santri, pengurus ponpes saja tetapi masyarakat," katanya.

Baca juga: BI ungkap optimisme konsumen pada September terjaga meski melemah
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BI corner, kenalkan tugas dan fungsi bank Indonesia

Komentar