Pesiden Xi desak usul diskusikan hubungan bilateral dengan Modi

Pesiden Xi desak usul diskusikan hubungan bilateral dengan Modi

Dua pemimpian Asia Pasifik; Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi. (REUTERS/Damir Sagolj)

Mamallapuram, India (ANTARA) - Presiden Cina Xi Jinping mengatakan pada Sabtu bahwa dia melakukan diskusi yang bebas dan jujur dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan akan mengejar proposal yang dibahas kedua pemimpin untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Xi dan Modi mengadakan perundingan satu lawan satu selama beberapa jam di sebuah kota di pantai selatan India dalam pertemuan puncak tahunan kedua mereka yang dirancang untuk menerobos ketidakpercayaan beberapa dekade antara negara-negara mereka atas sengketa perbatasan, defisit perdagangan yang membengkak, dan hubungan dekat militer China dengan musuh bebuyutan India, Pakistan.

"Kemarin dan hari ini kami telah terlibat dalam diskusi terbuka dan sebagai teman," kata Xi dalam pidato pembukaan ketika kedua pemimpin duduk untuk pembicaraan formal dengan delegasi mereka.

"Saya menantikan diskusi lebih lanjut, saya dapat menindaklanjuti proposal yang dibahas kemarin," katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ikatan menjadi kacau ketika India mencabut status khusus wilayah Himalaya Kashmir pada bulan Agustus, yang membuat marah baik Pakistan, yang mengklaim wilayah itu, dan sekutunya, China.

Modi mencatat dalam kata sambutannya bahwa dia dan Xi telah sepakat untuk mengelola perbedaan mereka dengan hati-hati dan tidak membiarkan terjadi perselisihan di antara mereka.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Modi jamu Presiden Xi Jinping pada KTT 11-12 Oktober
Baca juga: Presiden Xi Jinping mendarat di India di tengah protes Tibet

 

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia ajak India tingkatkan kerja sama ekonomi dan maritim

Komentar