Penghijauan produktif, alasan kebun hidroponik ditempatkan di rusun

Penghijauan produktif, alasan kebun hidroponik ditempatkan di rusun

(tiga dari kiri) Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa,Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto dan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi melihat bibit sayur di kebun hidroponik rumah susun KS Tubun Palmerah, Jakarta, Selasa (15/10/2019). (ANTARA/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Pembangunan kebun hidroponik kini menyasar ke rumah susun (rusun) untuk menciptakan area penghijauan produktif di Jakarta.

"Kami juga punya tujuan yang sama dengan semua SKPD, termasuk untuk penghijauan ini. Penghijauan bisa produktif, menurut saya lebih bagus lagi untuk di rusun-rusun kami," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Kelik Indriyanto di Jakarta, Selasa.

Menurut kelik, penghijauan produktif akan dapat terwujud dengan bantuan masyarakat yang dapat mengelola kebun hidroponik fi lahan terbatas rusun, hingga mendapatkan untung dari hasilnya.

Warga rusun di Jakarta tidak serta merta diberikan kebun hidroponik, melainkan diberi pelatihan dan bimbingan selama setahun penuh agar dapat mengelola kebun tersebut secara mandiri.

Baca juga: Lahan terbatas rusun KS Tubun diolah jadi kebun hidroponik
Baca juga: Potensi unik DKI Jakarta kembangkan hidroponik


Kelik mengatakan, program bantun kebun hidroponik di rusun-rusun Jakarta oleh Bank DKI secara bertahap sudah dilakukan di Rusun Jatinegara Kaum, Rusun Jati Rawasari, dan terkini di Rusun KS Tubun.

Selain untuk penghijauan Jakarta dan produksi sayur, Kelik memaparkan sejumlah manfaat lainnya dengan dibukanya kebun hidroponik di rusun-rusun Jakarta.

"Satu, untuk oksigen, jelas, kemudian untuk memberdayakan masyarakat, kalau bisa mengelola, ini ada penghasilan. Lalu, kalau dimanfaatkan sendiri,kesehatan masyarakat bisa lebih meningkat," ujar dia.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Prajurit TNI jadi sosok inspiratif penggerak kampung hijau

Komentar