Klub ini melanggar aturan sejak lama dan selain itu melanggar aturan karena tidak mengungkapkan pelatih tanpa sertifikat
Jakarta (ANTARA) - Raksasa liga Belgia Anderlecht dikenai denda maksimum 5.000 euro Selasa silam karena mempekerjakan Vincent Kompany sebagai pelatih tim mereka tanpa melampirkan sertifikat kepelatihan Kompany, kata asosiasi sepak bola Belgia dalam laman ESPN.

"Klub ini melanggar aturan sejak lama dan selain itu melanggar aturan karena tidak mengungkapkan pelatih tanpa sertifikat," kata komisi lisensi badan sepak bola Belgia itu.

Belgia mewajibkan pelatih kepala yang menangani klub-klub liga utamanya untuk memiliki lisensi profesional dari UEFA yang tidak dipunyai Kompany.

Kompany ditunjuk sebagai pelatih merangkap pemain Mei silam demi menghidupkan lagi peruntungan klub yang menjadi tim paling sukses di Belgia itu.

Anderlecht beralasan bahwa Simon Davies, mantan ketua akademi mudah Manchester City yang mengikuti Kompany ke Brussels, adalah pelatih sejati mereka. Sebaliknya komisi lisensi memakai alasan pernyataan klub ini ke media dan klip video pengenalan Kompany ke publik, untuk menyanggah argumentasi Anderlecht.

Baca juga: Kompany awali karir kepelatihan dengan kekalahan

Anderlecht juga diingatkan keras atas ketidaktundukannya kepada regulasi.

Anderlecht hanya memenangkan dua dari 10 pertandingan liga sejak dilatih Kompany yang juga bermain tapi kemudian cedera. Klub ini menempati posisi ke-13 dalam klasemen liga utama yang terdiri dari 16 klub itu.

Sejak itu Anderlecht mengumumkan Frank Vercauteren sebagai pelatih kepala dengan menyebutnya sebagai pengganti Davies yang bertahan sebagai asisten pelatih.

Sampai sekarang belum jelas benar siapa sebenarnya yang melatih klub ini karena Kompany juga masih diserahi tugas memimpin tim ini.

Baca juga: Manchester City buat patung Vincent Kompany di Etihad

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019