Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019

Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019

Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar (tengah) pimpin rapat persiapan peringatan Hari Nusantara Nasional yang akan dilaksanakan 13 Desembar di Pantai Gandoriah, di Pariaman, Kamis (17/10/2019). (ANTARA/Aadiaat MS)

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat, menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional pada 13 Desember 2019 di Pantai Gandoriah dan akan diisi dengan kegiatan bertema kemaritiman.

"Hari ini kami melaksanakan rapat bersama pihak Kementerian Pertahanan, TNI, serta pihak lainnya untuk memastikan kesiapan sebagai tuan rumah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Nasional di Pariaman, Kamis.

Ia menyampaikan banyak kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut, yaitu di antaranya membersihkan pantai, kegiatan kemaritiman serta menampilkan seribu gadang tasa.

Selain itu, juga ada kapal angkatan laut menjadi tempat pemeriksaan kesehatan untuk warga Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

"Jadi kegiatannya banyak, ada bakti sosial, kesenian dan pariwisata, bahkan lomba berenang yang pesertanya angkatan laut," katanya.

Baca juga: BUMNag Padang Pariaman kembangkan AJO, ojek online berkearifan lokal

Baca juga: Kemendes PDTT tinjau sekolah beruk di desa wisata Pariaman


Ia berharap peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut dihadiri oleh Presiden RI sehingga pihaknya dapat menyampaikan perkembangan pembangunan di Pariaman.

"Nanti kami akan menyampaikan terkait perkembangan program pembangunan nasional yang ada di Pariaman," ujarnya.

Ia menyebutkan program tersebut yaitu mulai dari kota tepi air atau waterfront city, pembangunan pasar Pariaman serta pariwisata.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional agar dapat menarik lebih banyak program nasional ke Pariaman guna mempercepat pembangunan di daerah itu.

"Pariaman siap sebagai tuan rumah dan yang melatarbelakangi ialah semangat kami untuk berada di tingkat nasional," kata dia.*

Baca juga: Nagari di Padang Pariaman gunakan dana desa kembangkan pariwisata

Baca juga: Tingkatkan wisata pulau, Pariaman bakal keruk muara penghambat kapal

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Memperkenalkan jajanan tradisional sala lauak lewat Pariaman expo

Komentar