Hari ini saya menyerahkan santunan masing-masing kepada ahli waris
Padang Pariaman (ANTARA) - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyerahkan santunan kepada para korban banjir dan tanah longsor yang menewaskan tiga orang warga di Nagari (desa) Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

"Hari ini saya menyerahkan santunan masing-masing kepada ahli waris," kata Mensos Tri Rismaharini di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu malam.

Dalam kunjungannya tersebut Mensos memberikan dukungan moril kepada Randa Fauzanatul (20) perwakilan ahli waris korban yang meninggal dunia akibat banjir di Korong (dusun) Lapau Jambu, Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan.

Tidak hanya itu, Mensos juga memastikan ahli waris akan dimasukkan ke data penerima bantuan sosial.

Mantan wali Kota SurabayatJawa Timur tersebut juga telah menginstruksikan jajarannya untuk terus memantau usulan pengajuan bantuan.

Pada kesempatan itu Risma menyerahkan langsung bantuan masing-masing senilai Rp15 juta kepada tiga orang ahli waris. Kemudian Kementerian Sosial juga memberikan bantuan berupa kebutuhan sembako, genset, dan beberapa logistik tanggap darurat lainnya.

Secara keseluruhan per 12 Maret 2024 Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Padang Pariaman senilai Rp336.645.500.

Tidak hanya menyerahkan bantuan, Mensos juga meninjau langsung lokasi rumah yang diterjang longsor dan berdiskusi dengan wali nagari (kepala desa) Sungai Durian mengenai peristiwa nahas yang menewaskan dua warga.

Ia mengatakan, jajaran dari Kementerian Sosial bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), pendamping program keluarga harapan dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dikerahkan untuk pendataan korban serta evakuasi korban ke tempat aman khususnya kelompok rentan.

Logistik tanggap darurat untuk pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak banjir di Kabupaten Padang Pariaman didistribusikan dari Gudang Pusat Kementerian Sosial, Gudang Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang, dan Gudang Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, serta Dinas Sosial Kabupaten Padang Pariaman.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024