Pasukan Bangladesh tembak penjaga perbatasan India

Pasukan Bangladesh tembak penjaga perbatasan India

Perdana Menteri Narendra Modi memberi tangan untuk bersalaman dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina sebelum keduanya mengadakan pertemuan di Hyderabad House di New Delhi, India, Sabtu (5/10/2019). (REUTERS/ALTAF HUSSAIN)

Dhaka (ANTARA) - Pasukan perbatasan Bangladesh menembak dan menewaskan penjaga perbatasan India pada Kamis ketika percekcokan atas nelayan India yang ditahan oleh pihak Bangladesh meletus.

Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB) mengaku pihaknya menembak untuk membela diri setelah penjaga perbatasan India menerobos masuk ke Bangladesh untuk membawa kabur nelayan India yang ditahan.

Baca juga: India akan selesaikan pemagaran perbatasannya dengan Bangladesh

Seorang penjaga India juga terluka, kata pejabat India.

Nelayan itu ditahan lantaran memburu ikan di Sungai Padma yang berada di perbatasan, tempat Bangladesh melarang penangkapan ikan, katanya.

Pada Jumat situasi di perbatasan "normal", menurut juru bicara pasukan Bangladesh, Shariful Islam.

"Pasukan kami dalam status siaga tinggi guna menghindari insiden yang tak diinginkan," katanya.

Baca juga: Pasukan India tembak dua pengawal perbatasan Bangladesh

Pejabat Bangladesh mengatakan pihaknya akan menyerahkan nelayan itu pada pertemuan mendatang. Kedua pihak sepakat menginvestigasi masalah tersebut, kata Bangladesh.

India dan Bangladesh berbagi hubungan yang erat dan menghasilkan sejumlah kesepakatan pada Oktober ini ketika Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina melakukan lawatan ke New Delhi.

Mereka juga berbagi perbatasan yang membentang lebih dari 4.000 km, lokasi sesekali bentrokan meletus, yang India sebut sebagai migran ilegal dari Bangladesh.

Baca juga: India dilaporkan bangun kekuatan pasukan di perbatasan

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar