Jakarta (ANTARA) - Jelang musim penghujan, ada baiknya Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit seperti influenza dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, Jumat, setidaknya ada tujuh makanan kaya nutrisi yang perlu Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, terutama bila terserang influenza.

1. Sup ayam
Sup ayam cukup ampuh untuk menangkis influenza karena tidak hanya menyediakan cairan yang dibutuhkan untuk membantu melawan virus. Sup itu juga mampu membantu mengatasi hidung tersumbat. Sup ayam dianggap memiliki efek anti-inflamasi ringan sehingga dapat membantu meringankan gejala influenza. 

Baca juga: Ini yang terjadi pada tubuh saat konsumsi makanan cepat saji

2. Bawang bombay atau bawang putih
Dua jenis bahan masakan yang aromatik itu banyak mengandung senyawa antiseptik dan dapat meningkatkan imunitas.

3. Jamur
Jamur dapat meningkatkan produksi sitokin atau sel yang membantu melawan infeksi. Jamur juga mengandung polisakarida, senyawa yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang dianggap paling manjur adalah jamur shitake, maitake dan reishi.

4. Buah Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi yang mampu mengurangi gejala influenza hingga 23 persen. Selain buah jeruk, makanan lain yang memiliki jumlah vitamin C tinggi adalah; pepaya, ubi, labu kuning, tomat, brokoli, kecambah dan paprika merah.

Baca juga: Rajin cuci tangan dan vaksinasi cegah flu sepanjang musim

5. Yoghurt
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir yoghurt rendah lemak setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari virus influenza hingga 25 persen. Yoghurt mengandung bakteri baik seperti lactobacillus reuteri yang terbukti dapat mencegah replikasi virus yang menyerang tubuh ketika kita sakit.

6. Jahe
Selain mampu menenangkan tenggorokan yang gatal, jahe juga memiliki bahan kimia yang disebut sesquiterpen yang dapat menghalau virus influenza, serta zat yang membantu menekan batuk. Jahe juga merupakan pereda nyeri dan demam yang alami sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah untuk beristirahat setelah mengonsumsinya.

7. Madu
Banyak khasiat yang dimiliki oleh madu karena sumber makanan itu memiliki sifat antioksidan dan anti-mikroba untuk membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

Baca juga: Alasan anak-anak mudah terkena flu dan cara mencegahnya

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019