Jakarta (ANTARA) - Barcelona bisa merebut puncak klasemen dari Real Madrid saat menjalani rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan yang mulai bergulir pada Sabtu (19/10) dini hari WIB hingga Senin (21/10) dini hari WIB.

Las Blaugranas saat ini menempati posisi kedua dengan raihan 16 poin atau hanya terpaut dua poin dari Real Madrid di puncak. Lionel Messi dkk diuntungkan dengan memainkan laga lebih awal, yakni pada Sabtu (19/10) petang bertandang ke markas Eibar.

Jika menang, Barcelona jelas akan merebut posisi puncak dari Real Madrid. Persoalannya hanya tentang durasi.

Sebab, Real Madrid baru akan merumput pada Minggu (20/10) dini hari WIB melakoni laga tandang melawan Mallorca. Jika Real Madrid main imbang, Barcelona tetap di puncak setidaknya untuk sepekan mendatang.

Namun jika Real Madrid menang sudah tentu tim besutan Zinedine Zidane itu kembali ke puncak dan membatasi "masa peminjaman" Barcelona hanya beberapa jam saja.

Baca juga: Bertandang ke Mallorca, Real Madrid tanpa sejumlah pemain kunci

Jeda internasional dua pekan cukup memberikan keuntungan bagi Ernesto Valverde, sebab sejumlah pemain Barcelona yang cedera memiliki kesempatan melakukan pemulihan.

Samuel Umtiti sudah mulai berlatih bersama tim, demikian juga Carles Perez dan Junior Firpo, yang jadi nilai tambah sebab Gerard Pique, Ronald Araujo dan Ousmane Dembele harus absen karena hukuman kartu.

Sebaliknya, Real Madrid justru masih diterpa badai cedera, antara lain sektor bek kiri yang ditinggalkan Marcelo dan Ferland Mendy, lini tengah tanpa Luka Modric, Toni Kroos dan Lucas Vazquez, sedangkan Gareth Bale juga mengalami sedikit masalah selepas membela tim nasional Wales.

Harapan besar mungkin disematkan kepada Eden Hazard yang baru pulang dari keberhasilan menjadikan Belgia sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Madridista dan Zidane tentu berharap moral positif menular kepada penampilan Hazard yang dianggap belum sekelas Galactico di Real Madrid sejauh ini.

Baca juga: El Clasico diminta pindah dari Barcelona ke Madrid karena aksi protes

Seharusnya hasil laga pekan kesembilan menjadi prolog menarik jelang El Clasico edisi perdana yang sedianya digelar pada pekan ke-10, namun La Liga baru saja mengkonfirmasi pertandingan itu ditunda karena masalah keamanan hingga jadwal menyusul.

Halaman selanjutnya: Jika Barcelona gagal meraih...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019