Jakarta (ANTARA) - Divisi sepak bola teratas Spanyol (La Liga) meminta agar pertandingan "El Clasico" bulan ini antara Barcelona dan Real Madrid pindah lokasi dari Barcelona ke ibu kota karena tengah meningkatnya aksi protes di Katalunya.

Sembilan pemimpin separatis Katalunya dipenjara selama sembilan sampai 13 tahun pada Senin karena berperan dalam menggelar referendum ilegal dan upaya untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Penangkapan para pemimpin tersebut telah memicu aksi protes dan bentrokan di seluruh wilayah Barcelona, yang menjadi ibu kota dari Katalunya.

Pertandingan antara dua rival abadi tersebut akan berlangsung pada 26 Oktober di stadion Camp Nou, Barcelona. Namun, La Liga telah meminta Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk mengubah lokasi laga itu.

Pertandingan El Clasico kedua musim ini akan berlangsung di Madrid pada Maret.

"Kami telah meminta komite kompetisi RFEF untuk bertemu dan mengubah lokasi El Clasico ke Madrid karena keadaan luar biasa di luar kendali kami," kata juru bicara La Liga yang dilansir Reuters pada Rabu (16/10).

RFEF tidak segera memberikan komentar terkait permintaan tersebut.

Pengumuman masa hukuman penjara para pemimpin separatis itu memicu protes massa di seluruh wilayah Katalunya, dengan kekacauan di bandara El Prat Barcelona yang berujung terhadap pembatalan puluhan jadwal penerbangan serta bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa.

Media lokal melaporkan bahwa telah terjadi 51 penangkapan sedangkan 125 orang dirawat karena mengalami luka-luka.

Pada Senin, Barcelona merilis pernyataan "Penjara bukan solusi" sebagai protes mereka terhadap penahanan para pemimpin itu.

Sementara pelatih Manchester City, Pep Guardiola juga menentang hukuman penjara itu dalam sebuah video yang dirilis di media sosial oleh kelompok Tsunami Demokratic.

Aksi protes berlanjut sepanjang Rabu, dengan jaringan kereta cepat di negara itu mengalami banyak penundaan, sedangkan jalan raya di seluruh Katalunya dan banyak jalan utama Barcelona tetap ditutup, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Baca juga: Jelang El Clasico, Madrid khawatirkan cedera Modric dan Bale

Baca juga: Dihukum dua laga, Ousmane Dembele dipastikan absen pada El Clasico

Penerjemah: Hendri Sukma Indrawan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019