Tidak biasanya sih, kemungkinan karena mau ada pelantikan presiden
Jakarta (ANTARA) - Sebuah helikopter milik TNI Angkatan Laut mendarat di Monumen Nasional (Monas), Sabtu pagi, sekitar pukul 07.34 WIB sehingga menjadi tontonan warga di kawasan salah ikon Ibu Kota itu.

Usai mendarat helikopter tersebut parkir di samping Monas persis depan Stasiun Gambir, dan warga yang beraktivitas pagi di Monas menggunakan kesempatan tersebut untuk berswafoto depan helikopter.

Menurut Budi, dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), keberadaan helikopter di Monas bukan hal biasa.

"Tidak biasanya sih, kemungkinan karena mau ada pelantikan presiden," kata Budi yang hampir setiap Sabtu, kumpul bersama komunitasnya di Monas.

Baca juga: Setpres siapkan mobil VVIP tamu negara untuk acara pelantikan presiden

Hal senada juga disampaikan oleh Dedi, petugas keamanan dalam Monas.

Ia mengatakan keberadaan helikopter di Monas karena ada persiapan pelantikan presiden.

Menurut dia, akan ada sembilan helikopter yang akan parkir di Monas hari ini berasal dari gabungan TNI dan Polri.

Dedi mengatakan, Monas tetap dibuka untuk umum pada Sabtu ini, hanya saja ketika ada mobilisasi helikopter pihaknya membantu mengarahkan warga untuk menjauh.

Baca juga: Polres Metro Jaksel kerahkan 1.000 personel kawal pelantikan presiden

"Yang kita jaga sih kalau pas helikopter mendarat karena baling-balingnya itu kan bahaya, makanya kita batasi pas lagi landing dan take off aja," kata Dedi

Sementara itu, setiap helikopter akan mendarat petugas patroli dari TNI menginformasikan kepada warga untuk menjauh dari area Monas saat helikopter mendarat.
Sebuah helikopter milik TNI AL mendarat di depan Monumen Nasional (Monas), Sabtu, (19/10/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Tetapi setelah mendarat warga boleh mendekat ataupun berswafoto di depan kendaraan operasional milik TNI tersebut.

"Dimohon kepada pengunjung untuk menjauh karena helikopter akan landing," bunyi suara dari pengeras suara mobil patroli PM yang berkeliling Monas.

Selain itu, seorang anggota TNI menggunakan sepeda motor juga berkeliling menginformasikan kepada warga untuk menjauh ke arah taman karena helikopter akan mendarat.

Baca juga: Jelang pelantikan, pemadaman listrik terjadi di gedung Parlemen RI

"Enggak apa-apa agak jauh dulu aja dari Monas karena helikopter mau landing, nanti kalau sudah mendarat boleh kok mendekat," kata petugas TNI tersebut.

Mobilitas helikopter di langit Jakarta sudah terdengar dari pukul 04.48 WIB. Lalu pukul 07.35 WIB kembali helikopter terbang dan mendarat di Monas.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019