Pelantikan Presiden, Gedung MPR dipercantik tanpa tema khusus

Pelantikan Presiden, Gedung MPR dipercantik tanpa tema khusus

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ma'ruf Cahyono, bersama jajaran Setjen MPR yang mengikuti gladi bersih pelantikan presiden dan wapres, di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu (19/10/2019) (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ma'ruf Cahyono menyebutkan tidak ada tema khusus dalam mempercantik gedung menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

"Ini kan MPR menjalankan tugas-tugas konstitusi saja. Yang jelas, hanya pelantikan presiden dan wapres agenda utamanya," katanya, usai gladi bersih pelantikan presiden dan wapres di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Jalannya Gladi Kotor di DPR, Sekjen MPR sebut sudah maksimal

Menurut dia, pelaksanaan pelantikan presiden dan wapres sudah diatur semua tata upacaranya dalam peraturan dan tata tertib MPR RI.

"Sehingga tidak harus dikhususkan karena memang ini hanya agenda tunggal pelantikan presiden," katanya.

Menyambut pelantikan presiden dan wapres, Gedung MPR-DPR-DPD RI tampil bersolek dengan berbagai hiasan dan ornamen, baik di dalam maupun luar gedung.

Suasana alam dengan berbagai bunga dan dedaunan dipilih sebagai penghias, mulai dari eskalator hingga depan Ruang Paripurna tempat pelantikan presiden dan wapres.

Baca juga: Sekjen MPR bantah siapkan paranormal untuk gladi bersih

Selain itu, nuansa Merah Putih juga terlihat di berbagai sudut gedung tempat pelantikan presiden dan wapres.

Persiapan pelantikan presiden dan wapres terus dilakukan Setjen MPR, termasuk dengan menggelar gladi bersih untuk memantapkan persiapan yang dilakukan.

Gladi bersih pelantikan presiden dan wapres dimulai pukul 14.30 WIB yang seluruhnya diperagakan oleh para staf Sekretariat Jenderal MPR RI.

Para peraga juga memakai selempang bertuliskan peran masing-masing, mulai presiden, wapres, ketua MPR, wakil ketua MPR, istri presiden, istri wapres, rohaniwan, hingga pembaca doa.

Sosok Presiden RI Joko Widodo diperagakan oleh Muhamad Jaya, Kepala Bagian Pemberitaan Bubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi MPR RI.

Baca juga: MPR: 17 kepala negara konfirmasi hadiri pelantikan presiden

Kemudian, Kasubag Penyusunan Program Lembaga Pengkajian MPR Endang Sapari memerankan Wapres Jusuf Kalla, sementara wapres terpilih KH Ma'ruf Amin diperankan oleh Rindra Budi Priyatmo selaku Kasubag Dukungan Pelaksanaan Lembaga Pengkajian MPR.

Tujuh pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyaksikan gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu.

Ketujuh pimpinan MPR RI, yakni Bambang Soesatyo (Golkar), Lestari Moerdijat (Nasdem), Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Arsul Sani (PPP), Hidayat Nur Wahid (PKS), Jazilul Fawaid (PKB), dan Zulkifli Hasan (PAN).

Baca juga: Pelantikan presiden, Gibran hadir tanpa keluarga

Baca juga: Anies imbau masyarakat tidak turun ke jalan saat pelantikan presiden

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar