Polisi: Jangan terpancing hoaks dari sumber yang tidak jelas

Polisi: Jangan terpancing hoaks dari sumber yang tidak jelas

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama. ANTARA/Fianda Rassat

Jakarta (ANTARA) - Pihak kepolisian meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap hoaks dan isu miring yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merusak situasi kondusif jelang Pelantikan Presiden pada Minggu 20 Oktober 2019.

"Jangan terpancing hoaks dan isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Kita sama-sama berdoa semoga bangsa dan negara Indonesia senantiasa dilimpahkan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama, saat dikonfirmasi, Sabtu.

Bastoni juga mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan pelaksanaan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 dengan menjaga keamanan diri dan lingkungan.

Baca juga: TNI/Polri gelar simulasi pengamanan jelang pelantikan presiden

Baca juga: Jelang pelantikan, pedagang bunga Jaksel mulai banyak pesanan

Baca juga: Hari pelantikan, KRL Rangkasbitung hanya sampai Stasiun Kebayoran


"Mari kita dukung pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dengan menjaga keamanan diri dan lingkungan masing-masing," tambahnya.

Untuk mengamankan Pelantikan Presidan ini Polres Metro Jakarta Selatan menurunkan sebanyak 1000 pers dan dibantu Kodim 0504/JS sebanyak 300 personel.

Pasukan pengamanan tersebut akan digelar titik-titik obyek vital, pusat perekonomian, mall, hotel dan perkantoran.

Polres Metro Jakarta Selatan juga menyiagakan beberapa kendaraan taktis dan unit K9 serta patroli gabungan Polres Metro Jaksel dengan Kodim 0504/JS baik patroli sepeda motor maupun patroli mobil.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah siap mengawal pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

"Pertama, saya sampaikan pada prinsipnya untuk pelantikan tanggal 20 besok, Polri sudah siap untuk mengamankan," kata Argo sebelumnya.

Upacara pelantikan itu akan dikawal oleh 31.000 personel gabungan dari unsur TNI-Polri yang akan disebar dalam tiga ring pengamanan.

Ring Satu adalah Gedung DPR yang menjadi tempat dilaksanakan upacara pelantikan dan pengamanannya kewenangan penuh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sedangkan ring dua dan tiga adalah Gedung DPR dan wilayah sekitarnya yang akan dijaga oleh personel TNI dan Polri.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema pengamanan untuk para tamu dari negara sahabat yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden akan lantik Dewas KPK pada Desember

Komentar