Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi, pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, gagal finis di Grand Prix Jepang, di Twin Ring Motegi, Minggu, setelah terjatuh ketika balapan menyisakan empat putaran.

Pebalap asal Italia itu mendapati akhir pekan balapan yang buruk setelah hanya mampu mengamankan posisi P10 di kualifikasi ketika tiga pebalap Yamaha lainnya berada di peringkat empat besar.

Ketika balapan, Rossi pun menjalani start dengan buruk hingga terlempar ke P14 di awal lomba.

Baca juga: Marquez nyaris kehabisan bahan bakar di GP Jepang

"Aku start cukup buruk bukan di tikungan pertama tapi setelah itu aku berada dalam kebingungan dan aku kehilangan waktu. Dan setelah itu kecepatanku tak cukup untuk memperbaiki posisi dengan cepat," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Juara dunia sembilan kali itu memperbaiki posisinya ke peringkat 10 namun mengakui tak memiliki kecepatan yang cukup untuk mengejar para pesaing yang ada di depan.

Marc Marquez (Repsol Honda) tak terkejar hingga finis pertama dan mempersembahkan gelar konstruktor bagi Honda, sedangkan Fabio Quartarao (Petronas Yamaha SRT) finis runner-up dan mengklaim rookie terbaik MotoGP 2019. Andrea Dovizioso (Ducati) finis ketiga dan melengkapi podium ke-100 selama karirnya.

Baca juga: Hasil Grand Prix Jepang

Baca juga: Masih berambisi raih gelar juara, Rossi ganti kepala kru tahun depan


"Di sejumlah putaran kecepatanku tak terlalu buruk tapi para pebalap lain tampil cepat jadi sangat sulit untuk memperbaiki posisi dari belakang.

"Pada akhirnya, aku belum melihat data, tapi aku kira aku melakukan kesalahan kecil di tikungan pertama dan terjatuh," kata pebalap berjuluk The Doctor itu.

Halaman berikut: Rossi baru dua kali naik podium
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019