Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam menghadiri acara penobatan Kaisar Jepang Naruhito, Senin.

Wapres bersama rombongan bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, pukul 10.00 WIB menggunakan pesawat kepresidenan BBJ Indonesia 1.

Wapres Ma’ruf dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Narita Jepang pukul 19.30 waktu setempat dan langsung menuju ke Hotel Imperial Tokyo.

Baca juga: Terima tamu negara, Wapres Ma'ruf: Kita siap tingkatkan kerja sama

Agenda pelantikan Kaisar Jepang berlangsung pada Selasa (22/10) pukul 13.00 waktu setempat. Usai pelantikan, Wapres Ma’ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 waktu setempat.

Kunjungan kerja ke Jepang merupakan agenda dinas luar negeri pertama Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden periode 2019-2024. Dalam kunjungan itu, Wapres Ma’ruf turut didampingi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, istrinya, Wury Ma’ruf Amin, dan Gayatri Dewi Oemar.

Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya, Kaisar Akihito, yang memutuskan untuk melepas jabatannya karena faktor usia dan kesehatan.

Dalam konstitusi Jepang, kaisar tidak memiliki kekuatan politik dalam pemerintahan Negeri Sakura tersebut. Tugas resmi kaisar sebagian besar dikendalikan oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Baca juga: Khofifah harap Ma'ruf Amin perkuat sektor ekonomi syariah

Baca juga: Joko Widodo dan Ma'ruf resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019