PBNU-Amerika Serikat kerja sama beasiswa pendidikan

PBNU-Amerika Serikat kerja sama beasiswa pendidikan

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (batik biru) usai melakukan pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan (jas hitam) di Jakarta, Senin. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Kita upayakan membantu Universitas NU untuk bisa membangun hubungan dengan Universitas di Amerika Serikat
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk Indonesia memperkuat kerja sama di bidang pendidikan melalui program beasiswa.

"Kita akan tukar menukar pandangan, pendapat, mahasiswa dan dosen serta program beasiswa antara Indonesia dan Amerika Serikat," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj usai menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan  di Jakarta, Senin.

Pertukaran mahasiswa dan dosen serta program beasiswa sektor pendidikan tersebut juga memiliki tujuan agar berbagai budaya di Tanah Air dapat terus dikenal oleh masyarakat di negeri Paman Sam, ujarnya.

Selama ini, kata dia, program beasiswa yang diberikan oleh Amerika Serikat kepada Indonesia disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Namun, ke depan PBNU mengupayakan beasiswa AS itu langsung disalurkan ke organisasi Islam tersebut.

"Seperti Al-Azhar Mesir itu setiap tahun memberikan jatah 50 orang untuk pesantren, termasuk Maroko dan Turki," kata dia.

Baca juga: Pemerintah luncurkan beasiswa untuk santri


Meskipun demikian, PBNU menegaskan tidak akan menghambat program beasiswa yang diberikan Kedubes Amerika Serikat melalui pemerintah Indonesia. Namun, KH Said Aqil Siradj tetap mengupayakan hal yang sama juga dilakukan ke organisasi Islam itu secara langsung tanpa perantara.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan mengatakan pertemuan dengan pengurus PBNU salah satunya membahas kemajuan pendidikan.

"Kita bahas upaya meningkatkan pertukaran pendidikan salah satunya membantu Universitas Nahdlatul Ulama untuk bisa membangun hubungan dengan Universitas di Amerika Serikat," katanya.

Program beasiswa dan pertukaran mahasiswa antara Amerika Serikat dan Indonesia tersebut memiliki tujuan agar kedua negara semakin maju di sektor pendidikan dan kebudayaan.

Baca juga: LPDP sediakan beasiswa khusus guru

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bom meledak di luar Kedubes AS di Beijing

Komentar