Dankodiklatau lantik 406 prajurit tamtama TNI AU

Dankodiklatau lantik 406 prajurit tamtama TNI AU

Sejumlah personel prajurit Tamtama TNI AU angkatan 77 yang baru dilantik saat melakukan atraksi menunjukan kebolehannya, usai upacara pelantikan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Selasa. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Karanganyar (ANTARA) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara, Marsekal Muda TNI Tatang Hariyansyah telah melantik 406 personel prajurit Tamtama TNI AU angkatan 77, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Jawa tengah, Selasa.

406 personel Tamtama lulusan Sekolah Pertama Tamtama (Semata) Prajurit Karier (PK) angkatan 77 tersebut dilantik dan diambil sumpahnya melalui upacara militer yang dipimpin langsung oleh Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Hariyansyah, dengan memberikan tanda pangkat prajurit dua (Prada).

Pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah prajurit Tamtama TNI AU angkatan 77 tahun ini, terpilih sebagai lulusan siswa terbaik dalam pendidikan yakni Prada Andis Priyanto, kelahiran Bantul 9 November 1998, merupakan putra pasangan suami istri Gumun dan Tukilah.

Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Hariyansyah mengatakan para prajurit sebelum dilantik telah menempuh pendidikan selama lima bulan di Skandron Pendidikan 404 Lanud Adi Soemarmo. Para Tamtama TNI AU di Skadik 404 digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AU yang kesatria, militan, loyal dan profesional.

Menurut Damkodiklatau, selama pendidikan berlangsung, mantan siswa Semata tersebut telah banyak memperoleh berbagai pengetahuan dasar keprajuritan, golongan tamtama dan ketrampilan serta kesegaran jasmani yang sangat berguna untuk mendukung pelaksanaan tugas di jajaran TNI AU.

"Pendidikan Sematan PK ini, bertujuan membentuk warga Negara Indonesia yang terpilih menjadi Tamtama TNI AU untuk memiliki sikap dan perilaku prajurit pejuang Sapta Marga," katannya.

Oleh karena itu, Dankodiklatau menekankan kepada seluruh manta siswa Semata PK TNI AU ke-77 menjadi prajurit yang berdedikasi, disiplin, loyal, patuh, dan taat kepada pimpinan, serta selalu mengedepankan kepentingan dinas di atas kepentingan pribadi, agar karier ke depan dapat diperoleh dengan mudah.

Selain itu, Dankodiklatau juga meminta prajurit TNI AU yang baru dilantik menjaga diri dari perbuatan tercela yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan bisa menjatuhkan citra TNI AU dan TNI pada umumnya. Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI dalam melaksanakan tugas.

"Dengan berakhirnya masa pendidikan Semata PK TNI AU angkatan 77 pada 2019, saya mengucapkan selamat kepada seluruh mantan siswa dan jadikan momen yang istimewa sebagai langkah awal menuju keberhasilan dalam melaksanakan pengabdian kepada nusa dan bangsa melalui TNI AU yang kami banggakan," katanya.

Pada acara pelantikan 406 personel prajurit Tamtama TNI AU tersebut juga dimeriahkan berbagai atraksi antara lain demo terbang pesawat Aeromodelling, drama seri kolosal, beladiri militer, taktik kesatuan kecil (TKK), how tofind the fighter, kolosal pedang dari siswa Setukpa Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo, dan ditutup dengan ucapan selamat dari orang tua atau keluarga kepada masing-masing prajurit Tamtama yang baru dilantik.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar