Kupang (ANTARA) - Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, Msi mengatakan, akan ada dua matahari yang bersinar dalam kebinet Jokowi jilid dua.

"Dengan masuknya Prabowo pada kekuasaan, maka dalam kabinet Jokowi jilid dua ke depan, akan ada dua matahari yang bersinar," kata Ahmad Atang di Kupang, Selasa, terkait masuknya Prabowo dalam kabinet kerja Jokowi lima tahun ke depan.

Rival politik dua periode itu, disebut-sebut akan menjadi Menteri Pertahanan dalam kebinet kerja Jokowi-Ma'ruf Amin jilid dua.

Menurut dia, Prabowo akan membayangi langkah politik Jokowi dalam pemerintahan lima tahun ke depan.

Dua konsekuensi

Dia menambahkan, masuknya Prabowo dalam kabinet memiliki dua konsekuensi. Pertama, Jokowi menunjukkan kepiawaiannya sebagai politisi ulung yang terbukti mampu merangkul lawan sekaliber Prabowo.

Dan ternyata Prabowo tidak seperti seperti yang harapkan banyak orang, yang tidak tergiur oleh kekuasaan tapi justru sebaiknya Prabowo dilemahkan oleh kekuasaan.

Hal yang kedua, Prabowo mampu mengganggu keutuhan koalisi dengan terciptanya disharmonisasi antarkubu.

"Ini bukan sebuah kebetulan, maka perlu diwaspadai agar tidak menjadi agenda kaum oposan dengan masuknya Prabowo dalam kekuasaan," katanya menjelaskan.

Baca juga: Prabowo: Partai Gerindra siap membantu Presiden Jokowi

Baca juga: Puan: Presiden punya pertimbangan Prabowo jadi calon menteri

Baca juga: Akademisi sebut Prabowo proklamirkan kematian kaum oposan

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019