Liga Europa

MU menang berkat penalti, AZ lumat Astana 6-0

MU menang berkat penalti, AZ lumat Astana 6-0

Penyerang Manchester United Anthony Martial (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol dari titik putih ke gawang Partizan Belgrade dalam lanjutan penyisihan Grup L Liga Europa di Stadion FK Partizan, Belgrade, Serbia, Kamis (24/10/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Andrej Isakovic)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United menang 1-0 atas Partizan Belgrade berkat sebuah tendangan penalti dalam laga ketiga penyisihan Grup L Liga Europa pada Jumat dini hari WIB, ketika di pertandingan lain AZ Alkmaar melumat Astana 6-0.

Bertandang ke markas Partizan di Stadion FK Partizan, Belgrade, Serbia, MU tampil dominan dan mendominasi 60 persen penguasaan bola sepanjang laga, demikian catatan laman resmi UEFA.

Meski tak banyak menguasai bola, Partizan tampil cukup agresif dan penyerang Umar Sadiq melepaskan tembakan yang masih membentur mistar gawang pada menit ke-40 hanya tiga menit setelah Jesse Lingard melakukan hal serupa untuk MU.

Baca juga: Manchester United tanpa Pogba dan De Gea jelang laga Liga Europa

Tiga menit setelahnya, MU mendapat hadiah tendangan penalti setelah Brandon Williams dijatuhkan Nemanja Miletic dan kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Anthony Martial untuk membawa tim tamu unggul.

Kemenangan MU juga tidak lepas dari penampilan apik kiper Sergio Romero yang mengamankan tembakan Seydouba Soumah pada menit ke-53 dan Takuma Asano pada menit ke-83.

Berkat raihan tersebut, MU naik ke puncak klasemen Grup L dengan tujuh poin menggusur Partizan (4) yang melorot ke urutan ketiga.

Baca juga: Solskjaer kesal MU dianggap tak akan masuk empat besar
 
Pemain AZ Alkmaar Calvin Stengs merayakan golnya ke gawang Astana dalam lanjutan penyisihan Grup H Liga Europa di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Belanda, Kamis (24/10/2019) setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Roy Lazet)

Pesta enam gol AZ

Di pertandingan lainnya, AZ menggelar pesta enam gol tanpa balas ke gawang tamunya Astana di Stadion Cars Jeans, Belanda.

Dua dari enam gol tersebut dicetak oleh Teun Koopmeiners dari titik putih pada menit ke-39 dan 83.

Setelah penalti pertama Koopemeiners yang memecah kebuntuan, Myron Boadu menggandakan keunggulan AZ dua menit jelang turun minum dengan menyambar bola liar hasil tendangan Jonas Svensson.

Keunggulan AZ bertambah pada menit ke-77 setelah giliran Calvin Stengs yang sigap memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Oussama Idrissi.

Pada menit ke-83 Koopmeiners mencetak gol penalti keduanya yang segera disusul oleh Yukinari Sugawara untuk memperbesar keunggulan AZ menjadi 5-0.

Idrissi akhirnya turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit kedua injury time demi memastikan kemenangan AZ menjadi 6-0 atas Astana.

Hasil itu mengangkat posisi AZ naik ke urutan kedua dengan koleksi lima poin, sedangkan Astana terpaku di dasar klasemen Grup L masih tanpa satu poin pun.

Baca juga: AZ dipecundangi Heerenveen di kandang sendiri

Baca juga: AZ seharusnya menang atas MU, kata Ron Vlaar


Partizan Belgrade 0 - Manchester United 1 (Anthony Martial p-43')
AZ Alkmaar 6 - Astana 0 (Teun Koopmeiners p-39', 83', Myron Boadu 43', Calvin Stengs 77', Yukinari Sugawara 85', Oussama Idrissi 90+2')

Klasemen Grup L

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar