Liga Jerman

Jadwal Liga Jerman: Derby Lembah Ruhr jadi suguhan utama

Jadwal Liga Jerman: Derby Lembah Ruhr jadi suguhan utama

Gelandang Schalke 04 Suat Serdar (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Koln bersama rekan-rekannya Kutucu, Bastian Oczipka, dan Guido Burgstaller dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Gesenkirchen, Jerman, 5, Oktober 2019. (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Derby Lembah Ruhr yang mempertemukan Schalke 04 menjamu Borussia Dortmund akan menjadi suguhan utama pekan kesembilan Liga Jerman.

Pada musim lalu kedua tim saling mengalahkan saat bertemu. Di kandang Schalke, Dortmund menjadi pemenang, sebaliknya saat menjadi tuan rumah, justru Dortmund harus mengakui keunggulan Schalke.

Secara susunan pemain dan posisi di klasemen, Dortmund boleh sedikit jemawa. Pasukan Lucien Favre kini bertengger di peringkat keempat klasemen, unggul tiga posisi dari Schalke.

Namun jelas kedua faktor itu tidak dapat otomatis menjadi penentu hasil, terutama dalam laga derby. Dukungan para penggemar yang memadati Veltins Arena jelas akan menjadi salah satu pembakar semangat pasukan David Wagner untuk memberi luka tambahan kepada sang lawan setelah Dortmund menelan kekalahan di Liga Champions.

Sayangnya perjuangan Schalke akan semakin berat, mengingat fakta bahwa Dortmund dapat mengandalkan sebagian besar pemain pilarnya. Jadon Sancho telah selesai menjalani skors internal dan Marco Reus cukup bugar untuk bermain di dalam negeri. Mungkin hanya Paco Alcacer dan Marcel Schmelzer yang dipastikan absen di laga panas tersebut.

Dortmund pun memiliki motivasi ekstra, yakni kemenangan berpeluang mengantarkan mereka memuncaki klasemen, meski mungkin hanya untuk sementara.

Berebut posisi puncak

Posisi puncak klasemen kemungkinan besar akan lepas setidaknya untuk sementara dari genggaman Borussia Moenchengladbach, mengingat mereka baru akan bermain pada Minggu.

Selain Dortmund, posisi tersebut dapat pula direbut Bayern Munich, yang akan menjamu tim peringkat ke-14 Union Berlin pada Sabtu malam.

Bayern memang kehilangan Niklas Sule dan Lucas Hernandez di lini belakangnya, namun mereka tetap memiliki pemain-pemain bertahan kualitas wahid untuk meringankan kerja kiper Manuel Neuer.

Sang juara bertahan juga tentu ingin segera menyudahi catatan kurang bagus di kompetisi domestik, di mana mereka menelan kekalahan dari Hoffenheim dan gagal menang dari Augsburg dalam dua laga terakhirnya di Liga Jerman. Hasil buruk saat melawan Union Berlin, akan berpotensi memanaskan bangku pelatih yang saat ini diduduki Niko Kovac.

RB Leipzig yang menghuni peringkat kelima dengan 15 poin juga berpeluang menduduki posisi puncak seandainya mereka mendapatkan tiga poin saat melawat ke markas Freiburg, dibarengi dengan hasil-hasil buruk yang didapat para pesaingnya.

Leipzig memiliki kendala tersendiri yakni penampilan tidak konsisten, mereka gagal menang dalam tiga pertandingan terakhirnya. Mereka juga baru beristirahat dua hari setelah tampil di Liga Champions.

Di sisi lain, Freiburg dapat fokus total mempersiapkan diri untuk pertandingan ini. Namun mereka memiliki masalah dengan absennya kiper pilihan pertama Alexander Scholow.

Menariknya, jika situasi berbalik yakni Freiburg yang mengalahkan Leipzig, maka mereka berpeluang naik ke pucuk. Tentu dengan catatan Wolfsburg, Bayern, dan Dortmund gagal merebut tiga poin.

Pada pertandingan pembuka pekan kesembilan, Mainz 05 akan berharap dapat meraih kemenangan atas Koln agar dapat meninggalkan zona merah.

Sementara itu, dalam pertarungan antara dua tim papan tengah yang memiliki koleksi poin sama, 11 poin, yakni Hertha Berlin dan Hoffenheim, keduanya akan berhadap dapat menundukkan lawan demi menjaga asa menempel tim-tim papan atas.

Mampu rebut kembali?

Apapun hasil yang didapat tim-tim di atas, posisi puncak klasemen berpeluang direbut kembali oleh Gladbach. Syaratnya mereka wajib mengalahkan tamunya Eintracht Frankfurt.

Gladbach tentu tidak ingin kembali terpeleset seperti pada pertandingan terakhirnya ketika kalah dari Dortmund. Sayangnya dilihat dari segi kualitas tim, perbedaan keduanya tidak terlalu jauh. Hanya pertahanan Gladbach dapat dijamin lebih kokoh dibanding Frankfurt, dengan bukti hanya tujuh gol yang telah bersarang ke gawang mereka, berbanding sepuluh gol yang telah masuk ke gawang Frankfurt.

Berikut jadwal Liga Jerman pekan kesembilan (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (26/10) dini hari
01.30 Mainz 05 vs FC Koln

Sabtu (26/10) malam
20.30 Bayern Munich vs Union Berlin
20.30 Schalke 04 vs Borussia Dortmund
20.30 Hertha Berlin vs Hoffenheim
20.30 Freiburg vs RB Leipzig
20.30 Paderborn vs Fortuna Dusseldorf
23.30 Bayer Leverkusen

Minggu (27/10) malam
21.30 Wolsburg vs Augsburg

Senin (28/10) malam
00.00 Borussia Moenchengladbach vs Eintracht Frankfurt

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Jerman: Hoffenheim hambat langkah Schalke

Baca juga: Hoffenheim gagalkan Schalke rebut posisi puncak

Baca juga: Schalke gagal raih kemenangan beruntun kelima akibat ditahan Koln

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Terapkan Gapeka baru, rute dan jadwal KA di Sumbar berubah

Komentar