Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengatakan, turnamen Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang digelar di Indonesia menjadi pelajaran bagi semua insan sepak bola termasuk pemain, pelatih hingga PSSI.

“Bukan hanya pemain, pelatih juga mendapatkan manfaat dari Piala Dunia U-20. Untuk PSSI, nanti menjadi pembelajaran untuk menggelar Piala Dunia senior,” ujar Indra di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam.

Para pemain dapat memetik pengalaman berlaga menghadapi tim-tim muda dari negara-negara dengan skuat sepak bola berkualitas tinggi seperti Brazil, Spanyol, Italia atau Inggris.

Setali tiga uang dengan pemain, para pelatih di seluruh Indonesia pun dapat belajar dari juru taktik kelas dunia yang bakal hadir di Indonesia.

“Jadi kita patut bersyukur dengan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” tutur Indra.

Gelandang timnas Indonesia Evan Dimas juga merasa senang dengan kehadiran turnamen sekelas Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

Sedikit terbersit rasa kecewa karena Evan yang kini sudah berusia 24 tahun dipastikan tidak bisa bermain di kompetisi tersebut.

Namun, pemain klub Barito Putera itu menegaskan dirinya sudah merasa senang bahkan jika cuma menonton pertandingan.

“Saya pasti ingin bermain di Piala Dunia, tetapi mungkin bukan rezeki. Saya melihatnya saja sudah senang,” kata Evan.

Pemain yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 itu pun berharap, para pemain yang tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 dapat membawa nama baik bangsa.

“Pemain harus menjunjung sporitivitas. Berikan contoh kepada negara lain bagaimana kita bisa menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Evan.

Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah mengungguli dua pesaing yang juga mencalonkan diri menjadi penyelenggara yaitu Brazil dan Peru.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berhak tampil langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Itu akan menjadi penampilan perdana timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 sepanjang sejarah.

Adapun timnas yang disiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut adalah timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini.

Baca juga: Presiden apresiasi Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Baca juga: Menpora: presiden akan buat inpres terkait pelaksanaan Piala Dunia U20


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019