Festival Danau Sentarum hadirkan perempuan ikut "cross trobos"

Festival Danau Sentarum hadirkan perempuan ikut "cross trobos"

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir beserta tamu undangan memukul alat musik tradisional suku Dayak (Kangkuang) pada pembukaan Festival Danau Sentarum 2019 di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (FOTO ANTARA/Timotius)

Medan dalam cross trobos yang dilalui memang cukup ekstrem dan lokasinya setiap tahun berbeda-beda sehingga peserta tidak bosan karena medannya cukup menantang
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Seorang ibu rumah tangga, asal Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Brigita Juliana berusia 34 tahun menjadi satu-satunya peserta perempuan yang mengikuti ajang cross trobos -- petualangan menggunakan sepeda motor trail -- pada Festival Danau Sentarum 2019, di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu.
 
"Saya ke sini beserta suami dan anak, track-nya lumayan ekstrem sehingga butuh tenaga ekstra untuk melintasinya," katanya saat ditemui disela-sela kegiatan, di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Ia mengaku menekuni hobi menggunakan sepeda motor trail itu sudah sangat lama, namun baru aktif kembali dua tahun terakhir.
 
Menurut dia, sudah empat kali mengikuti cross trobos dan ia pun mengaku merasa terpanggil ikuti kembali pada event cross trobos pada Festival Danau Sentarum tahun ini.
 
" Ikuti cross trobos memang hobi saya, dan didukung juga oleh suami yang juga ikut dalam kegiatan ini," kata Brigita Juliana.
 
Ketua Panitia pelaksanaan cross trobos Festival Danau Sentarum 2019, Donatus Langit mengatakan ajang itu tahun 2019 diikuti oleh sebanyak 30 peserta, sebagian besar laki-laki, namun ada satu peserta seorang perempuan.
 
Dalam ajang kali ini peserta harus menempuh perjalan yang ekstrem dengan jarak tempuh 12 kilometer dengan berbagai tipe jalur bervariasi mulai track biasa hingga yang ekstrem.
 
" Medan dalam cross trobos yang dilalui memang cukup ekstrem dan lokasinya setiap tahun berbeda-beda sehingga peserta tidak bosan karena medannya cukup menantang," katanya.
 
Cross trobos merupakan salah satu agenda rangkaian dari pelaksanaan Festival Danau Sentarum, yang dilaksanakan setiap tahunnya.
 
Tujuannya untuk menarik perhatian wisatawan khusus yang memiliki jiwa petualang menggunakan sepeda motor jenis trail, demikian Donatos Langit.

Baca juga: Festival Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalbar dimulai

Baca juga: Lomba gasing dan sumpit meriahkan Festival Danau Sentarum

Baca juga: Nugie ikut gowes di jantung Borneo

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengawasan terhadap WNA di penginapan dan hiburan malam

Komentar