Anti Hoax

Hoaks, tangkapan layar grup WhatsApp Pendukung 02

Hoaks, tangkapan layar grup WhatsApp Pendukung 02

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Ist)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah informasi beredar di media sosial mengenai foto tangkapan layar dari grup WhatsApp yang bernama Pendukung 02 yang membahas penunjukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Dalam grup tersebut terdapat nama Mardani Ali Sera yang ikut memberikan komentar serta Ferdinand Hutahaean yang memberikan ucapan selamat serta nama tokoh lain seperti Fahri Hamzah, Fadli Zon, Neno Warisman dan Habiburokhman. 

Klaim: tangkapan layar grup WhatsApp tersebut berasal dari para pendukung pasangan Pilpres 02
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dengan tegas menyebut grup WhatsApp Pendukung 02 itu adalah informasi salah atau hoaks.

Ferdinand mengatakan grup WhatsApp itu kemungkinan sengaja dibuat sedemikian rupa seolah berisi para tokoh pendukung 02 dan disebarkan kepada sebagai bahan ledekan.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera juga menyangkal terlibat dalam percakapan grup WhatsApp tersebut yang kemudian diketahui adalah palsu alias hoaks. 
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang grup WhatsApp Pendukung 02 yang ternyata palsu.


Cek fakta: Beredar hoaks grup WhatsApp Pendukung 02


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pendukung Paslon 02 lanjutkan aksi dengan tarawih berjamaah

Komentar