Rohaniwan: Pilihan Jokowi terkait calon Kapolri tepat

Rohaniwan: Pilihan Jokowi terkait calon Kapolri tepat

Dokumnetasi - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis di Jakarta, Jumat (28/12/2018). ANTARA FOTO/Reno Esnir/aa/pri.

Pilihan Pak Jokowi sangat tepat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi serta maraknya hoaks dan bahaya radikalisme mengancam
Jakarta (ANTARA) - Rohaniwan Romo Antonius Benny Susetyo mengatakan bahwa keputusan Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR untuk menggantikan Tito Karnavian sudah tepat.

"Pilihan Pak Jokowi sangat tepat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi serta maraknya hoaks dan bahaya radikalisme mengancam," kata Romo Benny, melalui siaran pers, Selasa.

Baca juga: Kadin: Calon kapolri harus mampu jamin stabilitas keamanan
Baca juga: DPR harapkan Komisi III segera gelar uji kelayakan calon Kapolri


Menurut dia, untuk menjaga keutuhan bangsa dibutuhkan institusi Polri yang mampu menjalankan tugas secara profesional dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Makanya dibutuhkan kapolri yang memiliki leadership, berwawasan luas dan mampu menjaga roh Pancasila dalam dinamika politik," ujar tokoh agama Katolik ini.

Selain itu, Romo Benny mengatakan figur yang dibutuhkan Korps Bhayangkara adalah figur yang menguasai berbagai permasalahan yang ada dan memiliki kepemimpinan yang kuat sehingga mampu menjalin sinergi dengan TNI.

"Ke depan diharapkan polisi mampu untuk menegakkan supremasi sipil, yakni polisi yang humanis dan memiliki kemampuan yang andal dalam menguasai teknologi, informasi dan komunikasi," kata dia.

Romo Benny pun melihat bahwa Idham Azis merupakan sosok polisi yang profesional, memiliki rekam jejak yang baik, dan berprestasi selama bertugas sebagai anggota Polri.

"Dengan meningkatkan kualitas polisi yang memiliki karakter humanis dan berpikir global, visi polisi sebagai penjaga ketertiban masyarakat sipil perlu mendapatkan perhatian," katanya.

Baca juga: Rohaniwan: tidak mungkin indonesia legalkan perkawinan sejenis

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polisi bubarkan massa 9.733 kali dan siagakan 470 ribu personel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar