Liga Jerman

Bayern Munich depak Niko Kovac

Bayern Munich depak Niko Kovac

Pelatih Bayern Munich Niko Kovac difoto sebelum pertandingan Liga Jerman melawan Eintracht Frankfurt yang dimainkan di Frankfurt am Main, pada 2 November 2019. (ANTARA/AFP/UWE ANSPACH)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich mengonfirmasi bahwa pihaknya telah memecat pelatih Niko Kovac, demikian dilansir laman resmi klub.

Pria Kroasia 48 tahun itu mengambil alih tim dari tangan Jupp Heynckes pada musim panas 2018 dan berhasil menjuarai Liga Jerman dan Piala Jerman pada musim pertamanya, namun Bayern tidak mampu memperlihatkan permainan terbaiknya musim ini.

Mereka takluk 1-5 kepada mantan tim asuhan Kovac, Eintracht Frankfurt, pada Sabtu. Hasil yang tidak dapat ditolerir lagi oleh para petinggi klub.

Baca juga: Muenchen dicukur 1-5 oleh Frankfurt

"Penampilan dan hasil-hasil kami dalam beberapa pekan terakhir memperlihatkan bahwa kami harus melakukan sesuatu," kata CEO Bayern KarlHeinz Rummenigge.

"Uli Hoeness, Hasan Salihamidzic, dan saya melakukan pembicaraan terbuka dan serius dengan Niko dengan dasar itu pada Minggu, dengan hasil konsensus bahwa Niko tidak lagi menjadi pelatih Bayern. Kami semua menyesali perkembangan ini. Saya ingin berterima kasih kepada Niko Kovac atas nama FC Bayern untuk pekerjaan yang telah dia lakukan, khususnya memenangi gelar ganda pada musim lalu," tambah Rummenigge.

Baca juga: Inilah sejumlah pemain yang akan mengisi posisi Sule di Bayern

Kovac sendiri menerima keputusan itu dengan hati yang besar. "Menurut saya ini adalah keputusan yang tepat bagi klub. Hasil-hasil, dan juga cara bermain kami pada pertandingan terakhir, membuat saya tiba pada keputusan itu. Saudara saya, Robert, dan saya berterima kasih kepada Bayern untuk satu setengah tahun ini," kata Kovac.

Masih belum jelas siapa pelatih yang akan menggantikan Kovac. Untuk sementara, asisten pelatih Hansi Flick akan menangani tim untuk pertandingan-pertandingan melawan Olympiacos dan Borussia Dortmund. Setelah itu kompetisi akan memasuki jeda internasional, yang akan memberi lebih banyak waktu bagi klub untuk mendapatkan penghuni kursi panas yang baru.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sukses bawa U-19 lolos Piala Asia, Fakhri Husaini pamit sebagai pelatih

Komentar